PENGARUH METODE PROBING-PROMPTING LEARNING BERBASIS ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSAMAAN TRIGONOMETRI KELAS XI MIA DI MAN 4 JOMBANG

SITI LINA NOVITASARI, 17204153161 (2019) PENGARUH METODE PROBING-PROMPTING LEARNING BERBASIS ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSAMAAN TRIGONOMETRI KELAS XI MIA DI MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Probing-Prompting Learning Berbasis Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Trigonometri Kelas XI MIA di MAN 4 Jombang” ini ditulis oleh Siti Lina Novitasari, NIM 17204153161, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika (TMT), Dosen Pembimbing Ummu Sholihah, S.Pd.,M.Si. Kata Kunci: Metode Probing-Prompting Learning, Alat Peraga, Hasil Belajar. Masalah dalam pembelajaran matematika di Indonesia salah satunya adalah siswa tersebut masih belum bisa mengkontruksi sendiri pengetahuan yang ia dapatkan kemudian menerapkannya pada penyelesaian masalah dalam model matematika. Hal tersebut disebabkan karena penerapan metode pembelajaran di dalam kelas yang masih belum bisa memberikan solusi pada fenomena-fenomena tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya suatu metode pembelajaran yang dapat mendorong keaktifan berfikir siswa dengan stimulus-stimulus yang diberikan oleh pendidik. Metode yang bisa diterapkan salah satunya adalah metode ProbingPrompting Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode probing-prompting learning berbasis alat peraga, 2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode konvensional, 3) Apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode probing-prompting learning berbasis alat peraga lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dimana populasinya yaitu seluruh siswa kelas XI MIA MAN 4 Jombang. Teknik pengumpulan datanya melalui tes dan analisis datanya yang digunakan adalah uji t-test. Hasil dari penelitian ini didapatkan: 1) Nilai hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode probing-prompting learning berbasis alat peraga menunjukkan frekuensi terbesar berada pada kategori cukup baik dengan persentase 45,5%. 2) Nilai hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode konvensional menunjukkan frekuensi terbesar berada pada kategori cukup baik dengan persentase 34,4 %. 3) Hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode probing-prompting learning berbasis alat peraga lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode konvensional.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153161 SITI LINA NOVITASARI
Date Deposited: 30 Apr 2019 06:32
Last Modified: 30 Apr 2019 06:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10682

Actions (login required)

View Item View Item