KHUROTUL A’YUN, 17201153367 (2019) STRATEGI GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SMP ISLAM DURENAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (468kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (685kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (474kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (471kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (231kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMP Islam Durenan Trenggalek tahun ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Khurotul A’yun, NIM. 17201153367, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag Kata kunci: Strategi Guru, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Konteks penelitian dari skripsi ini karena kecerdasan yang dimiliki manusia tidak hanya kecerdasan intelektual yang dapat membuat manusia menjadi cerdas namun tidak bijak, tidak terampil dalam kehidupan bermasyarakat dan spiritualitasnya kurang. Maka diperlukan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Kecerdasan emosional merupakan salah satu kecerdasan yang dimiliki manusia yang berkaitan dengan kemampuan manusia untuk mengendalikan emosi, mengenali emosi orang lain dan sebagai bekal untuk kehidupan bermasyarakat. Sedangkan kecerdasan spiritual membantu seseorang untuk menemukan makna hidup dan kebahagiaan dalam hidupnya. Kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual merupakan tiga kecerdasan yang ada pada diri anak yang perlu dikembangkan sejak kecil sampai anak dewasa. Maka dari itu sebagai pendidik dalam pengembangan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual memerlukan strategi yang tepat agar peserta didik memiliki kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual yang baik. Dari sinilah peneliti mengangkat sebuah judul “Strategi Guru PAI dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMP Islam Durenan Trenggalek tahun ajaran 2018/2019”. Fokus penelitian yang ada di dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana persiapan guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa di SMP Islam Durenan Trenggalek? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa di SMP Islam Durenan Trenggalek? 3) Bagaimana pelaksanaan evaluasi yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa di SMP Islam Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Islam Durenan Trenggalek, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Observasi partisipan digunakan untuk memperoleh data tentang keseharian dan proses pembelajaran siswa di SMP Islam Durenan Trenggalek. Sedangkan wawancara mendalam digunakan untuk menggali data tentang strategi guru dalam pengembangan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa. Selanjutnya dokumentasi sebagai data penunjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1 ) Persiapan guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecrdasan spiritual siswa di SMP Islam Durenan Trenggalek; mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mengadakan pertemuan dengan wali murid, mengadakan istighotsah di awal masuk sekolah, mengadakan rapat dan pembinaan untuk guru-guru serta melakukan evaluasi terkait kegiatan pembelajaran dan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa di SMP Islam Durenan Trenggalek; menggunakan pembiasaan berdoa, melakukan pembiasaan berdzikir disetiaap pelajaran, membaca surat-surat pendek dan menghafal ayat-ayat al-Qur’an, pembiasaan shalat dhuha dan dhuhur berjamaah, penerapan pembelajaran yang variatif, pembelajaran dengan teman sejawat, penggunaan pembelajaran dengan humor, pemberian reward and punishment, pembiasaan salam, sapa santun + rapi, resik, ringkas, rawat, rajin (3S+5R), mengunjungi saudara atau teman yang sedang sakit atau berduka, dan ekstrakulikuler keagamaan, 3) Pelaksanaan evaluasi yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa di SMP Islam Durenan Trenggalek; dengan menggunakan tes tulis, tes lisan, praktik keagamaan, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, penilaian sikap dan kerjasama antara wali murid dengan pihak sekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153367 KHUROTUL A’YUN |
Date Deposited: | 09 May 2019 02:34 |
Last Modified: | 09 May 2019 02:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10768 |
Actions (login required)
View Item |