IKFINA MASLACHAH, 17201153411 (2019) PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 NGLEGOK - BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (558kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (219kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (144kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ikfina Maslachah 17201153411, 2019. Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Nglegok Blitar”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Dosen pembimbing Dr. H. Nursamsu, M.Pd, NIP. 19780204200901 1 003. Kata Kunci: Motivasi, Kedisiplinan, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa motivasi dan kedisiplinan merupakan dua faktor yang dapat mempengaruhi pencapaian hasil belajar siswa. Setiap siswa memiliki karakter dan sifat yang berbeda – beda, begitu juga dengan motivasi dan disiplin belajar yang dimiliki siswa ketika berada di dalam kelas maupun di luar . Sementara itu dalam lembaga pendidikan tingkat pencapain hasil belajar dapat dilihat dari prestasi belajar yang dicapai oleh peserta didik. Salah satu prestasi belajar yang dicapai adalah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh motivasi siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 1 Nglegok Blitar? (2) Adakah pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 1 Nglegok Blitar? (3) Adakah pengaruh motivasi dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 1 Nglegok Blitar? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XII di SMK Negeri 1 Nglegok Blitar sebanyak 1101. Jumlah sampel 242 siswa. Teknik sampling yang digunakan proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi linier berganda dengan statistik uji t dan uji F. Skripsi ini bermanfaat bagi pihak sekolah sebagai sumbangan kajian yang dapat membatu mengembangkan sekolah dalam hal penelitian, bagi guru supaya lebih giat lagi dalam mendorong dan meningktakan motivasi dan kedisiplinan siswa, bagi siswa supaya lebih giat lagi dalam belajar dan menjaga semangat serta tetap menciptakan lingkungan kelas yang kondusif. Hasil penelitian menunjukkan untuk rumusan masalah (1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Nglegok. Dibuktikan dengan penelitian yaitu nilai Sig.diperoleh 0.041 atau lebih kecil dari α 0.05. Adapun pengaruhnya ditunjukkan dengan perilaku siswa yang menjadi lebih bersemangat dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Hasil penelitian rumusan masalah (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Nglegok. Dibuktikan dengan penelitian yaitu nilai Sig. diperoleh 0.038 atau lebih kecil dari α 0.05. Adapun pengaruhnya ditunjukkan dari ketertiban dan kepatuhan siswa dalam mentaati semua tata tertib dan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan pihak sekolah serta peraturan-peraturan dan tata tertib yang telah dibuat oleh Guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berlaku pada saat proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam berlangsung. Hasil penelitian rumusan masalah (3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Nglegok. Dibuktikan dengan penelitian yaitu nilai Sig. diperoleh 0.000 atau lebih kecil dari α 0.05. Adapun pengaruhnya ditunjukkan dengan perubahan perilaku siswa yang terlihat lebih semangat dan lebih aktif serta ditunjukkan melalui kepatuhan dan ketertiban siswa dalam mentaati semua tata tertib yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah ataupun tata tertib yang telah ditetapkan oleh guru mata pelajaran Pendidikan agama Islam sehingga dapat tercipta pembelajaran yang kondusif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153411 IKFINA MASLACHAH |
Date Deposited: | 10 May 2019 06:34 |
Last Modified: | 10 May 2019 06:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10878 |
Actions (login required)
View Item |