Mahiyatussofa, Afifi (2011) Peningkatan Pemahaman Siswa Melalui Metode Demonstrasi Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Gerak Benda Kelas III MI Darussalam 01 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2010/2011. [ Skripsi ]
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
|
Text
Abstrak.docx Download (18kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (28kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (69kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (82kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (93kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (24kB) |
Abstract
Kata kunci: Pemahaman, Metode demonstrasi Latar belakang: Seringkali guru tidak memperhatikan metode dalam mengajar sehingga membuat proses pembelajaran yang di lakukan tidak sesuai dengan materi yang di ajarkan. Hal ini berimbas pada pemahaman siswa yang kurang maksimal dalam menyerap materi. Mata pelajaran IPA merupakan pelajaran yang menawarkan kepada kita untuk dapat memahami kejadian, fenomena, dan keragaman yang terdapat di alam semesta, dan juga memberikan pemahaman bagaimana caranya kita dapat hidup dengan cara menyesuaikan diri dengan hal-hal tersebut, jadi dalam mengajarkan pelajaran IPA khususnya materi gerak benda guru di tuntut untuk bisa membantu para siswa agar dapat memahami suatu materi pelajaran dengan cara memperlihatkan atau mempraktekan secara langsung kejadian atau hal-hal yang terdapat di dalam materi tersebut. Dengan menggunakan metode demonstrasi di harapkan guru mampu menyajikan pelajaran IPA sesuai karakteristiknya sehingga dapat meningkatkan pemahaman IPA secara mendalam. Fokus penelitian: (1) Apakah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran IPA pokok bahasan gerak benda kelas III MI Darussalam 01 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran IPA pokok bahasan gerak benda kelas III MI Darussalam 01 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana keaktifan siswa kelas III MI Darussalam 01 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung terhadap pembelajaran IPA pokok bahasan gerak benda melalui metode demonstrasi? Tujuan penelitian: (1) Mengetahui metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran IPA pokok bahasan gerak benda kelas III MI Darussalam 01 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2010/2011. (2) Mendeskripsikan penggunaan metode demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran IPA pokok bahasan gerak benda kelas III MI Darussalam 01 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2010/2011. (3) Mengetahui keaktifan siswa kelas III MI Darussalam 01 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung terhadap pembelajaran IPA pokok bahasan gerak benda melalui metode demonstrasi. Metode yang di gunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu metode pemberian tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah PTK. Hasil dari penelitian ini yaitu penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA pokok bahasan gerak benda mampu meningkatkan pemahaman siswa pada pokok bahasan ini. Dalam menerapkan metode demonstrasi guru (peneliti) juga melibatkan siswa untuk ikut berpartisipasi dalam penerapan metode ini di kelas. Sehingga siswa akan bisa lebih cepat memahami karena terlibat langsung dan memperagakan langsung dan tidak hanya sebagai penonton. Dengan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran ini menunjukkan bahwa siswa telah mengikuti pembelajaran dengan aktif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 05 Feb 2015 07:16 |
Last Modified: | 05 Feb 2015 07:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1106 |
Actions (login required)
View Item |