KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SISWA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI 6 BLITAR

ULFATUL MUKAROMAH, 17201153022 (2019) KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SISWA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI 6 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Siswa Mata Pelajaran Fiqih di MTs Negeri 6 Blitar” ini ditulis oleh Ulfatul Mukaromah, NIM. 17201153022, dosen pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Keterampilan Mengelola Kelas, Efektifitas Pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kegiatan pembelajaran yang tidak berjalan kondusif di MTs Negeri 6 Blitar karena adanya berbagai kondisi yang ada di kelas, yaitu dari segi siswa dan kondisi fisik kelas. Sehingga lingkungan belajar yang nyaman sulit didapat. Oleh karena itu, keterampilan guru dalam mengelola kelas sangat dibutuhkan agar kegiatan pembelajaran bisa berjalan kondusif dan bisa meningkatkan efektifitas pembelajaran siswa. Fokus penelitian ini adalah penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal, pengembalian kondisi belajar yang optimal, serta pengaturan ruang belajar siswa di MTs Negeri 6 Blitar. Adapun pertanyaan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana keterampilan guru dalam penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran siswa? (2) Bagaimana keterampilan guru dalam pengembalian kondisi belajar yang optimal untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran siswa? (3) Bagaimana keterampilan guru dalam mengatur ruang belajar di kelas untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran siswa? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran siswa (2) Untuk mendeskripsikan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran siswa (3) Untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengatur ruang belajar di kelas untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk menggali informasi mengenai keterampilan guru dalam mengelola kelas untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran siswa. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data mengenai profil sekolah, struktur organisasi, denah sekolah, kegiatan pembelajaran, dan sarana prasarana sekolah. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Keterampilan guru dalam penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran siswa dengan membangun interaksi antara guru dan siswa, penggunaan variasi metode yang dikuasai guru yang telah dimodifikasi serta dengan pendekatan-pendekatan berupa perhatian dan sikap tanggap guru xix Fiqih terhadap siswa. (2) Keterampilan guru dalam pengembalian kondisi belajar yang optimal untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran siswa dengan melakukan pendekatan dan identifikasi masalah, memberikan penguatan berupa hadiah dan hukuman mendidik, memberikan motivasi serta menyerahkan siswa pada BK jika sudah tidak bisa diatur lagi. (3) Keterampilan guru dalam mengatur ruang belajar di kelas untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran siswa dengan membuat Daftar Inventaris Ruangan (DIR) yang dilakukan oleh wali kelas, menjaga kebersihan, keindahan dan kerapian kelas serta penataan formasi tempat duduk siswa sesuai dengan kondisi kelas dan kebutuhan siswa/metode yang digunakan guru

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153022 ULFATUL MUKAROMAH
Date Deposited: 13 May 2019 06:12
Last Modified: 13 May 2019 06:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11224

Actions (login required)

View Item View Item