BINTI GHUFRONAH, 17104153021 (2019) PELAYANAN PUBLIK DI PUSKESMAS TUNGGANGRI KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (440kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (922kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (815kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (165kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan Judul “ Pelayanan Publik di Puskesmas Tunggangri Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung”, ini ditulis oleh Binti Ghufronah, NIM 17104153021 dibimbing oleh Indri Hadisisiwati, S.H., M.H. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Puskesmas Tunggangri Latar belakang penelitian ini adalah pelayanan publik di Puskesmas Tunggangri ditengarai mendapat penilaian negatif dari masyarakat terkait dengan lamanya waktu penyelesaian pelayanan publik yang dilaksanakan di Puskesmas Tunggangri. Hal ini menunjukkan bahwa adanya kurang keterbukaan antara pegawai sebagai pemberi pelayanan dengan masyarakat sebgai penerima pelayanan publik di Puskesmas Tunggangri. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pelayanan publik di Puskesmas Tunggangri Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung ditinjau dari peraturan perundang-undangan. (2) Bagaimana pelayanan publik di Puskesmas Tunggangri Kecamatan Kalidawir Kabupaten Kulungagung di tinjau dari hukum islam. adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelayanan publik di Puskesmas Tunggangri Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung ditinjau dari peraturan perundang-undangan. (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelayanan publik di Puskesmas Tunggangri Kecamatan Kalidawir Kabupaten Kulungagung ditinjau dari hukum islam. Pada penelitian ini digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh informasi atau data berupa pernyataan, pemikiran, dan gagasan tentang pelayanan publik di Puskesmas Tunggangri. Observasi dilakukan untuk pengamatan keadaan secara langsung ke lapangan. Dokumentasi digunakan untuk mencari data mengenai hal-hal yang berhubungan dengan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pelayanan publik di Puskesmas Tunggangri Kecamatan Kalidawir dalam penerapan asas dan standar yang diatur dalam undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik sudah cukup baik. Dan penerapan standar pelayanan minimal pelayanan di bidang kesehatan yang terdapat dalam peraturan menteri kesehatan nomor 43 tahun 2016 yang menjadi ranah pelayanan untuk puskesmas sudah terlaksanan dengan cukup baik. (2) hukum islam memandang bahwa pelayanan publik merupakan salah satu tanggung jawab pemerintah sebagai pemimpin suatu negara untuk mewujudkan kemaslahatan umat manusia yang merupakan tujuan dari berdirinya suatu negara itu sendiri, dan dalam penerapannya menyangkut pada maqashid syariah yang berupa maslahah dharuriyyah (maslahah primer) yang harus dipenuhi untuk memelihara jiwa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Hukum > Hukum Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara |
Depositing User: | 17104153021 BINTI GHUFRONAH |
Date Deposited: | 16 May 2019 06:44 |
Last Modified: | 16 May 2019 06:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11392 |
Actions (login required)
View Item |