ICHDA ILHAM SYAROFIE, 17201153006 (2019) PERAN GURU SEBAGAI INSAN MULTIDIMENSI UNTUK MENINGKATKAN NILAI IBADAH SISWA DI MTSN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf - Published Version Download (784kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (303kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (682kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Download (328kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (371kB) |
||
Text
BAB VI.pdf - Published Version Download (91kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (143kB) |
Abstract
Ichda Ilham Syarofie. NIM. 17201153006. Peran Guru sebagai Insan Multidimensi untuk meningkatkan Nilai Ibadah Siswa di MTsN 6 Tulungagung. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dr. H. Abd.Aziz, M.Pd.I Kata Kunci: Peran Guru, Nilai Ibadah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena tentang Peran guru sebagai sosok Multidimensi di lembaga sekolah Madrasah. Salah satu lembaga pendidikan yaitu adlaah MTsN 6 Tulungagung. Peran Guru ternyata pada umumnya tidak hanya mengajar, mendidik atau membuat RPP. Namun pada hakikatnya ternyata guru mempunyai peran Multi atau ganda (lebih dari satu) disisi lain guru harus mengajar dan mendidik atau membuat RPP juga ternyata Peran Guru lebih dari itu salah satunya yaitu Peran yang dapat membuat Tingkat Nilai ibadah siswa menjadi meningkat. Hal ini cukup menarik dan berbeda dibandingkan dengan lembaga- lembaga Sekolah Umum lainnya. Yaitu mulai adanya kegiatan Sholat Dhuha Berjamaah untuk kelas Unggulan dan Reguler dan terlebih khusunya lagi ada kelas Tahfidz yaitu kelas khusus untuk anak-anak yang hafal Al-Qur’an. Dan disinilah letak beberapa Peran-Peran Guru sebagai InsanMultidimensi untuk meningkatkan Kualitas Ibadah siswa. Fokus Penelitian : (1) Peran Guru sebagai Teladan untuk meningkatkan Nilai Ibadah Siswa di MTsN 6 Tulungagung? , (2) Peran Guru sebagai Penasihat untuk meningkatkan Nilai Ibadah Siswa di MTsN 6 Tulungagung?, (3) Peran Guru sebagai Pemandu untuk meningkatkan Nilai Ibadah Siswa di MTsN 6 Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di MTsN 6 Tulungagung. Sumber data Guru Agama yaitu Guru Akidah Akhlak, Guru Qur’an Hadist, Guru Fiqh dan Guru Sejarah Kebudayaan Islam, peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data Wawancara tidak terstruktur, Observasi non partisipan, dan dokumen. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan. Sedangkan pengecekkan keabsahan data pemeriksaan sejawat melalui diskusi, triangulasi, dan keajengan pengamatan. Hasil penelitian. Pertama, peran guru sebagai teladan untuk meningkatkan nilai ibadah yaitu melalui ajaran hormat kepada guru, ajaran tentang kesabaran dan ajaran tentang berlaku adil. Sebagai suri tauladan melalui teladan, pembimbing, penasihat motivator. Kedua, peran guru sebagai penasihat untuk meningkatkan nilai ibadah siswa yaitu melalui ajaran tentang keimanan, ajaran menjauhkan diri dari perbuatan tercela dan ajaran tentang menyesali diri dan bertaubat. Yaitu melalui penasihat, teladan, pembimbing dan pemandu.Ketiga peran guru sebagai pemandu untuk menignkatkan nilai ibadah siswa yaitu melalui ajaran pembentukkan akidah yang benar, ajaran ibadah yang benar, ajaran keinginan saling mengenal dan ajaran spirit kerjasama. Yaitu melalui Pemandu, Penasihat, Teladan dan Fasilitator.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153006 ichda ilham syarofie |
Date Deposited: | 20 May 2019 03:10 |
Last Modified: | 31 Mar 2020 07:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11482 |
Actions (login required)
View Item |