DEVI ELFRIDA ROSALINDA, 17204153209 (2019) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS HANDS ON ACTIVITY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI PERBANDINGAN DI MTSN 2 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (662kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (156kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (110kB) |
Abstract
Devi Elfrida Rosalinda, 17204153209, Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbasis Hands On Activity Terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Perbandingan Di MTsN 2 Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung,. Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: kontekstual, hands on activity, pemahaman konsep matematika, hasil belajar Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh pendekatan kontekstual berbasis berbasis hands on activity terhadap pemahaman konsep matematika dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika dan hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan kontekstual berbasis hands on activity terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII di MTsN 2 Kota Blitar, 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan kontekstual berbasis berbasis hands on activity terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTsN 2 Kota Blitar, 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan kontekstual berbasis hands on activity terhadap pemahaman konsep matematika dan hasil belajar siswa kelas VII di MTsN 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian True Experiment (eksperimen sebenarnya) dengan desain penelitian tipe Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Kota Blitar. Pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling dengan kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik dan intrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian tes berupa post test untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika dan hasil belajar siswa. Instrumen soal sebelum diujikan kepada siswa untuk mendapatkan data, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian terkumpul kemudian data dianalisis, yang digunakan adalah analisis uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh yang signifikan pendekatan kontekstual berbasis hands on activity terhadap pemahaman konsep matematika siswa, dibuktikan dengan rata-rata hasil pemahaman konsep siswa sebesar 8,055 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 5,638 dan hasil uji statistik Fhitung sebesar 7,114 dengan signifikansi 0,000. 2) ada pengaruh yang signifikan pendekatan kontekstual berbasis hands on activity terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dengan rata-rata hasil post test siswa sebesar 80,972 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 69,809dan hasil uji statistik Fhitung sebesar 4,262 dengan signifikansi 0,000. 3) ada pengaruh yang signifikan pendekatan kontekstual berbasis hands on activity terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dengan uji statistik diperoleh Fhitung sebesar 50,584 dengan nilai signifikansi 0,000
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Devi 17204153209 Devi Elfrida Rosalinda |
Date Deposited: | 22 May 2019 07:19 |
Last Modified: | 29 Mar 2020 12:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11505 |
Actions (login required)
View Item |