STRATEGI USTADZ DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KITAB KUNING PADA SANTRI DI MADRASAH TARBIYATUL ULUM PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG

MUHAMAD ZAMZAMI, 1721143268 (2019) STRATEGI USTADZ DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KITAB KUNING PADA SANTRI DI MADRASAH TARBIYATUL ULUM PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (430kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (678kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (278kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (133kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Strategi Ustadz Dalam Meningkatakan Pembelajaran Kitab Kuning Pada Santri Di Madrasah Tarbiyatul Ulum Pondok Pesantren Panggung Tulungagung ”, ini ditulis oleh Muhamad Zamzami NIM. 1721143268. Jurusan pendidikan Agama Islam, fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan, institut agama islam negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Luluk ’Atirotu Zahroh, M. Pd. NIP.197110261999032002 Kata kunci: Strategi Ustadz, Pembelajaran Kitab Kuning Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman santri mengenai isi kitab kuning karena sumber utama pembelajaran lembaga pendidikan ini menggunakan kitab kuning dan santri dituntut mampu mengembangkan pengetahuannya yang diperoleh dari isi kitab kuning yang telah dikaji di madrasah ini. Sesuai dengan namanya yaitu madrasah yang dijadikan sebuah terobosan baru atau lembaga pendidikan modern pengembangan dari pesantren. Metode yang digunakan pun masih sama dengan pesantren yang masih melestarikan pembelajaran sistem tradisional, begitu juga sumber pembelajarannya dari madrasah sama dengan pesantren yaitu masih menggunakan kitab kuning, kitab kitab klasik yang ditulis dalam bahasa arab baik yang ditulis tokoh muslim arab maupun pemikir muslim Indonesia. Fokus masalah penelitian ini yaitu: (1). Bagaimana upaya ustadz dalam meningkatkan pembelajaran kitab kuning pada santri di madrasah Tarbiyatul Ulum pondok pesantren Panggung Tulungagung melalui metode Syawir ?, (2). Bagaimana upaya ustadz dalam meningkatkan pembelajaran kitab kuning pada santri di madrasah Tarbiyatul Ulum pondok pesantren Panggung Tulungagung melalui metode Bandongan?, (3). Bagaimana pendekatan ustadz dalam meningkatkan pembelajaran kitab kuning pada santri di madrasah Tarbiyatul Ulum pondok pesantren Panggung Tulungagung melalui metode Lalaran?. Tujuan dari penelitian ini untuk menegetahui starategi ustadz dalam meningkatkan pemahaman santri mengenai pembelajaran kitab kuning santri di madrasah ini dengan berbagai metode yang telah diterapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di madrasah Tarbiyatul Ulum pondok pesantren Panggung Tulungagung. Sumber data dewan asatidz, kepala madrasah, santri, dan dokumen. Teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data pemeriksaan sejawat melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitian.1).strategi melalui metode syawir adalah santri menjelaskan sub bab di depan kelas secara bergantian sesuai dengan pemahaman mereka ketika di jelaskan ustadz pada pertemuan sebelumnya. 2), strategi melalui metode bandongan adalah menjadikan santri berperan aktif dalam penerapan metode ini yang sifatnya membantu temannya melengkapi makna yang kosong. 3), strategi yang digunakan melalui metode lalaran dengan menambahkan alat musik tradisional untuk mendukung hafalan nadhom santri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143268 MUHAMAD ZAMZAMI
Date Deposited: 21 May 2019 04:15
Last Modified: 21 May 2019 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11506

Actions (login required)

View Item View Item