YOSSY OKTAVIA NUR RAHMAH, 17204153195 (2019) PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED BERBASIS MASALAH REALISTIK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII MTS AL-MA’ARIF PONPES PANGGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
cover.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (632kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (865kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (481kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (693kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (389kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Open-Ended Berbasis Masalah Realistik Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII Mts Al-Ma’arif Ponpes Panggung Tulungagung” ini ditulis oleh Yossy Oktavia Nur Rahmah, NIM. 17204153195, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : pendekatan open-ended, masalah realistik, minat, hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena pembelajaran terlalu monoton dan seringkali siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang diberikan guru, sehingga mengakibatkan siswa kurang berminat dan cenderung malas untuk mempelajari setiap materi. Oleh karena itu, perlunya suatu pembelajaran yang dapat memberikan masalah dengan cara dan jawaban yang bervariasi supaya siswa dapat mengeluarkan ide penyelesaian masalah dengan caranya sendiri, salah satunya dengan mengunakan pendekatan open-ended berbasis masalah realistik. Melalui pendekatan open-ended berbasis masalah realistik pembelajaran akan lebih menarik dan bermakna karena siswa dapat menyelesaikan masalah yang diberikan dengan kemampuannya masing-masing. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended berbasis masalah realistik terhadap minat belajar siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended berbasis masalah realistik terhadap hasil belajar siswa, (3) untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended berbasis masalah realistik terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Al-Ma’arif Ponpes Panggung Tulungagung. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi experimental dengan desain posstest-only control group desaign. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII MTs Al-Ma’arif Ponpes Panggung Tulungagung. Teknik pengambilan sampling menggunakan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII B (kelas eksperimen) dan kelas VIII C (kelas kontrol). Metode pengambilan data yang digunakan adalah angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik Uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh pendekatan open ended berbasis masalah realistik terhadap minat belajar siswa. Terbukti dengan nilai Sig. 0,003 < 0,05 dengan rata-rata nilai angket minat belajar siswa kelas eksperimen sebesar 70,95 dan kelas kontrol sebesar 62,44. (2) ada pengaruh pendekatan open ended berbasis masalah realistik terhadap hasil belajar siswa. Terbukti dengan nilai Sig. 0,002 < 0,05 dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 77,85 dan kelas kontrol sebesar 71,14. (3) ada pengaruh pendekatan open ended berbasis masalah realistik terhadap minat dan hasil belajar siswa. Terbukti dari hasil analisis untuk Pillai’s Trace, Wilks’s Lambda, Hotelling’sTrace, Roy’s Largest Room sebesar 0,001 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153195 YOSSY OKTAVIA NUR RAHMAH |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 08:11 |
Last Modified: | 03 Jul 2019 08:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11825 |
Actions (login required)
View Item |