PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP PGRI 2 SENDANG TULUNGAGUNG

DWI INDRIANI, 2814133048 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP PGRI 2 SENDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (459kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP PGRI 2 Sendang Tulungagung” yang ditulis oleh Dwi Indriani ini dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terungkapnya bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit, sukar dipahami, dan membosankan. Hal ini disebabkan oleh guru yang cenderung memaksakan cara berfikir siswa dengan cara berfikir yang dimiliki gurunya, sehingga siswa menjadi pasif dan tidak berkembang. Juga sistem penilaian guru yang hanya mengutamakan hasil akhir daripada prosesnya. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan model pembelajaran yang berbeda untuk membantu siswa dalam mengembangkan pemahaman sikapnya dengan bekerja secara bersama-sama dengan anggota kelompoknya agar siswa dapat termotivasi, sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP PGRI 2 Sendang Tulungagung, 2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP PGRI 2 Sendang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A dan VII B di SMP PGRI 2 Sendang Tulungagung. Dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan daftar nama siswa kelas yang menjadi sampel, pembagian kelompok kelas VII A, pengambilan gambar pelaksanaan penelitian, dan nilai ulangan matematika semester ganjil. Sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data disimpulkan bahwa : 1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP PGRI 2 Sendang Tulungagung dengan signifikansi sebesar 2,166. 2) Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP PGRI 2 Sendang Tulungagung sebesar 73%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133048 DWI INDRIANI
Date Deposited: 03 Jul 2019 02:58
Last Modified: 03 Jul 2019 02:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11884

Actions (login required)

View Item View Item