LELA FEBRIANINGSIH, 17204153017 (2019) PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
Abstrak.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (907kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
Bab VI.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (365kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN 8 Tulungagung” yang ditulis oleh Lela Febrianingsih, NIM. 17204153017, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Motivasi, Hasil Belajar Kecerdasan logis matematis merupakan kemampuan seseorang dalam berpikir secara logis untuk memecahkan suatu masalah matematika. Kecerdasan logis matematis sangatlah penting untuk siswa dalam memahami dan menyelesaikan suatu masalah dalam pelajaran matematika. Karena, tanpa didasari oleh kecerdasan logis matematis yang tinggi, seorang siswa tidak akan mudah menyelesaikan masalah matematika. Sedangkan, motivasi adalah suatu usaha yang dapat mengarahkan seseorang untuk melakukan sesuatu karena ingin mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis matematis dan motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C MTsN 8 Tulungagung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan tujuan tertentu. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan metode tes kecerdasan logis matematis dan hasil belajar serta angket motivasi. Dan analisis datanya menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung dengan pengaruh sebesar 36,5%. (2) Ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung dengan pengaruh sebesar 41,7%. (3) Ada pengaruh kecerdasan logis matematis dan motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung dengan pengaruh sebesar 55,6%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153017 LELA FEBRIANINGSIH |
Date Deposited: | 10 Jul 2019 04:12 |
Last Modified: | 10 Jul 2019 04:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11961 |
Actions (login required)
View Item |