ANALISIS PEMAHAMAN BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SPLDV KELAS VIII-G DI SMPN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG

DETI SUSAMTI, 17204153006 (2019) ANALISIS PEMAHAMAN BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SPLDV KELAS VIII-G DI SMPN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (658kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (252kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Pemahaman Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi SPLDV Kelas VIII-G Di SMPN 1 Rejotangan Tulungagung” ditulis oleh Deti Susamti, NIM. 17204153006, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Pemahaman Konseptual, Prosedural, Visual, Auditorial, Kinestetik, SPLDV Pemahaman baik secara konseptual dan prosedural sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Pemahaman konseptual matematika adalah kemampuan dalam memahami konsep, operasi dan relasi dalam matematika. Sedangkan pemahaman prosedural matematika adalah pemahaman tentang prosedur penyelesaian permasalahan matematika. Tetapi kenyataannya, kemampuan siswa dalam memahami materi SPLDV secara konseptual dan prosedural masih terbilang kurang baik, dan tidak sedikit yang hanya mampu memahami secara konseptual saja, dan atau mungkin hanya mampu memahami secara prosedural saja. Salah satu cara yang dapat dilakukan pendidik untuk meningkatkan pemahaman konseptual dan prosedural siswa adalah dengan mengetahui gaya belajar masing-masing siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konseptual dan pemahaman prosedural siswa berdasarkan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Dari penjelasan di atas, peneliti melakukan penelitian tentang pemahaman berdasarkan gaya belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII-G di SMPN 1 Rejotangan Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa, dengan rincian 2 gaya belajar visual, 2 gaya belajar auditorial, 2 gaya belajar kinestetik. Tahap selanjutnya adalah analisis data yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi 4 dari 5 indikator pemahaman konseptual dan untuk pemahaman prosedural, siswa mampu memenuhi 2 indikator. Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi 4 indikator pemahaman konseptual, dan untuk pemahaman proseduralnya, siswa hanya mampu memenuhi 1 indikator saja. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi 5 indikator pemahaman konseptual, dan untuk pemahaman proseduralnya, siswa mampu memenuhi 2 dari 3 indikator yang digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153006 DETI SUSAMTI
Date Deposited: 10 Jul 2019 04:15
Last Modified: 10 Jul 2019 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11963

Actions (login required)

View Item View Item