DETI SUSAMTI, 17204153006 (2019) ANALISIS PEMAHAMAN BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SPLDV KELAS VIII-G DI SMPN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Cover .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (658kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (252kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (339kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Pemahaman Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi SPLDV Kelas VIII-G Di SMPN 1 Rejotangan Tulungagung” ditulis oleh Deti Susamti, NIM. 17204153006, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Pemahaman Konseptual, Prosedural, Visual, Auditorial, Kinestetik, SPLDV Pemahaman baik secara konseptual dan prosedural sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Pemahaman konseptual matematika adalah kemampuan dalam memahami konsep, operasi dan relasi dalam matematika. Sedangkan pemahaman prosedural matematika adalah pemahaman tentang prosedur penyelesaian permasalahan matematika. Tetapi kenyataannya, kemampuan siswa dalam memahami materi SPLDV secara konseptual dan prosedural masih terbilang kurang baik, dan tidak sedikit yang hanya mampu memahami secara konseptual saja, dan atau mungkin hanya mampu memahami secara prosedural saja. Salah satu cara yang dapat dilakukan pendidik untuk meningkatkan pemahaman konseptual dan prosedural siswa adalah dengan mengetahui gaya belajar masing-masing siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konseptual dan pemahaman prosedural siswa berdasarkan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Dari penjelasan di atas, peneliti melakukan penelitian tentang pemahaman berdasarkan gaya belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII-G di SMPN 1 Rejotangan Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa, dengan rincian 2 gaya belajar visual, 2 gaya belajar auditorial, 2 gaya belajar kinestetik. Tahap selanjutnya adalah analisis data yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi 4 dari 5 indikator pemahaman konseptual dan untuk pemahaman prosedural, siswa mampu memenuhi 2 indikator. Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi 4 indikator pemahaman konseptual, dan untuk pemahaman proseduralnya, siswa hanya mampu memenuhi 1 indikator saja. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi 5 indikator pemahaman konseptual, dan untuk pemahaman proseduralnya, siswa mampu memenuhi 2 dari 3 indikator yang digunakan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153006 DETI SUSAMTI |
Date Deposited: | 10 Jul 2019 04:15 |
Last Modified: | 10 Jul 2019 04:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11963 |
Actions (login required)
View Item |