AHMAD RIDWAN, 17201153317 (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI MTsN 6 TULUGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (785kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (300kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (555kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (149kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena lapangan yang terjadi di tataran MTs. Perkembangan pendidikan menjadi suatu perkara yang penting untuk diperhatikan lebih mendasar demi keefektifan pembelajaran. Adanya peran guru PAI yang berintegritas di MTs N 6 diharapkan menjadi penyeimbang supaya peserta didik selain mendapatkan ilmu-ilmu pelajaran umum tapi juga memiliki kemampuan yang lebih dalam membaca Al-Qur’an serta membentuk karakter yang bertanggung jawab dan disiplin. Berkaitan dengan haltersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di MTs N 6 Tulungagung karena sekolahan ini merupakan lembaga yang ,mengedepankan kualitas dan karakter siswa yang unggul. Fokus penelitian pada sekripsi ini: (1) Bagaimana peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an di MTs N 6 Tulungagung. (2) Bagaimana Hambatan peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an di MTs N 6 Tulungagung. (3) Bagaimana Dampak peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an di MTs N 6 Tulungagung. Tujuan ditulisnya sekripsi ini untuk mengetahui, (1) Bagaimana peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an di MTs N 6 Tulungagung. (2) Bagaimana Hambatan peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an di MTs N 6 Tulungagung. (3) Bagaimana Dampak peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an di MTs N 6 Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif demngan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di MTs N 6 Tulungagung kecamatan karangrejo. Adapun data yang diperoleh melalui tiga unsur yaitu: kata-kata maupun tindakan, data tertulis, dan foto. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawncara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan data reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan datanya menggunakan memberchek, ketekunan/ keajekan, triangulasi. Hasil penelitian: (1) peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa MTs N 6 Tulungagung Dalam Membaca Al-Qur’an tersebut adalah sangat penting dalam sebuah lembaga pendidikan, dalam hal ini guru adalah sebagai model, teladan, serta mengedepankan kedisiplinan melalui pembiasaan-pembiasaan. (2) Hambatan yang dialami guru PAI dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an adalah pengaruh eksternal, kurangnya kedisiplinan siswa, serta kurangnya kerjasama dan kesadaran orangtua dalam mendidik anaknya di lingkungan keluarga. (3) Dengan peran guru PAI sebagai suritauladan bagi siswa, serta melalui pembiasaan-pembiasaan positif yang diterapkan dalam sekolahan maka siswa akan meniru dengan baik atas apa yang dilihatnya sehingga akan menopang perkembangan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an serta kepribadian yang bertanggung jawab dan lebih baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 12 Jul 2019 01:26 |
Last Modified: | 12 Jul 2019 01:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12083 |
Actions (login required)
View Item |