ILLA KUMALA, 17201153339 (2019) PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS 8 di MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (384kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (129kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (231kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (141kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (89kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (172kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hassil Belajar Fiqih Siswa Kelas 8 di MTsN 6 Tulungagung” yang ditulis oleh Illa Kumala NIM. 17201153339, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Sokip, M. Pd. I Kata Kunci : Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya minat dan motivasi belajar siswa dikarenakan dalam menyampaikan materi guru jarang menggunakan media pembelajaran sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Dari permasalahan tersebut para guru khususnya guru Fiqih memiliki tugas untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang salah satunya melalui penggunaan media pembelajaran macromedia flash. Dalam hal ini penulis membahas terkait dengan Pemanfaatan macromedia flash untuk pembelajaran Fiqih kelas 8 di MTsN 6 Tulungagung. Rumusan masalahdxcxc dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana persiapan penerapan media pembelajaran Macromedia Flash dalam meningkatkan hasil belajar fiqih di kelas 8 MTsN 6 Tulungagung, 2) Bagaimana hasil belajar siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash dalam meningkatkan hasil belajar fiqih di kelas 8 MTsN 6 Tulungagung, 3) Bagaimana hambatan terhadap penerapan media pembelajaran Macromedia Flash dalam meningkatkan hasil belajar fiqih di kelas 8 MTsN 6 Tulungagung. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan penelitian kualitatif jenis deskriptif studi kasus. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data- data yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan macromedia flash dapat meningkatkan hasil belajar. Hal- hal yang harus diperhatikan guru dalam persiapan penggunaan macromedia flash adalah guru mempelajari silabus, membuat Rencana Pelaksanaa Pembelajaran (RPP) dan menyiapkan materi yang akan di sampaikan, guru memilih media khususnya macromedia flash, perlu memperhatikan yang namanya kecermatan, ketepatan dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dengan melihat kondisi siswa dan ketersediaan media pembelajaran, sebelum penggunaan macromedia flash guru dapat mengenal karakteristik siswa, karena dalam kegiatan pembelajaran siswa mempunyai latar yang berbeda-beda serta kondisi yang berubah-ubah serta guru perlu mengetahui karakteristik dari macromedia flash, agar proses belajar mengajar bisa berjalan secara efektif dan efisien. Adapun hasilbelajar dari pelaksanaan penggunaan macromedia flash adalah guru menyampaikan materi dengan menarik mempermudah siswa dalam menerima materi, suasana belajar menjadi menyenangkan, dan minat belajar siswa meningkat dengan penyampaian guru menggunakan macromedia flash. Faktor penghambat penerapan macromedia flash adalah faktor sarana dan prasarana, kondisi siswa dan tidak semua materi pelajaran fiqih kelas VIII bisa menggunakan macromedia flash.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153339 ILLA KUMALA |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 07:51 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 07:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12348 |
Actions (login required)
View Item |