PENGARUH METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA MINIATUR 3D TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI HAJI KELAS VIII MTsN 1 TULUNGAGUNG

BEFIKA NOVIANDINI, 17201153335 (2019) PENGARUH METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA MINIATUR 3D TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI HAJI KELAS VIII MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (961kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (190kB)

Abstract

Abstrak Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantuan Media Miniatur 3D Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Haji Kelas VIII MTsN 1 Tulungagung”, ini ditulis oleh Befika Noviandini, NIM 17201135335, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dosen Pembimbing Saiful Bahri, S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Media Miniatur 3D, Hasil Belajar Untuk menerangkan materi yang bertemakan Haji perlu penjelasan yang sangat detail. Berbeda dengan ibadah lainnya seperti sholat yang secara langsung bisa melaksanakan, ibadah haji hanya bisa dilaksanakan ditanah suci dan pada waktu tertentu. Karnanya siswa hanya dapat memahami tatacara haji tanpa bisa membayangkan keadaan yang sesungguhnya. Tak jarang pada materi ini banyak siswa yang mendapatkan nilai yang rendah. Oleh karena itu guru harus bisa memilih metode dan media yang tepat agar bisa menjelaskan materi secara mendelail dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode dan media tersebut adalah metode Demonstrasi dan media miniatur 3D yang berbentuk berjalanan haji. Demonstrasi merupakan metode yang efektif, sebab peserta didik akan mengetahui secara langsung penerapan materi tersebut. Dengan demikian diharapkan peserta didik tertarik dan dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan (1) untuk menjelaskan pengaruh metode demonstrasi berbantuan media miniature 3D terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa pada mata pelajaran fiqih materi haji kelas VII MTsN 1 Tulungagung. (2) untuk menjelaskan pengaruh metode demonstrasi berbantuan media miniature 3D terhadap hasil belajar aspek afektif siswa pada mata pelajaran fiqih materi haji kelas VII MTsN 1 Tulungagung. (3) untuk menjelaskan pengaruh metode demonstrasi berbantuan media miniature 3D terhadap hasil belajar aspek psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih materi haji kelas VII MTsN 1 Tulungagung. Penulis menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental Design dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTsN 1 Tulungagung yang berjumlah 325 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII/4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 siswa dan kelas VIII/5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Analisis data menggunakan independent sample t-test dengan mengunakan Statistical Package for the Social Science (SPSS) 18.0 for windows. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Terdapat pengaruh yang signifikan metode demonstrasi berbantuan media miniatur 3D terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa, dibuktikan dalam uji-t (

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153335 BEFIKA NOVIANDINI
Date Deposited: 25 Jul 2019 03:25
Last Modified: 25 Jul 2019 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12352

Actions (login required)

View Item View Item