PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA TEMA SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 3 KEDUNGWARU

Wira Padang Subekhi, 17208153075 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA TEMA SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 3 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Tema Sistem Pernapasan Manusia Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru” ditulis oleh Wira Padang Subekhi, NIM 7208153075, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Syamsun Ni’am. Kata Kunci : Mind Mapping, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang masih menerapkan metode ceramah, tekstual dan kurang berbasis proses ilmiah, akibatnya pengembangan ketiga aspek (kognitif, psikomotorik, afektif) pada peserta didik kurang berimbang. Selain itu banyak pembelajaran yang hanya diarahkan pada pengembangan kemampuan akademik, dan mengabaikan pembentukan sikap atau karakter. Hal tersebut menyebabkan rendahnya pemahaman materi peserta didik yang berakibat pada hasil belajar peserta didik yang rendah, motivasi peserta didik juga kurang sebagaimana mestinya merupakan masalah yang harus di selesaikan. Untuk mengatasi berbagai masalah tersebut maka perlu diadakan inovasi dalam proses belajar mengajar dan perlu adanya inovasi model pembelajaran yang menarik, kreatif dan tidak membosankan salah satu model pembelajaran yang inovatif yaitu model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping terhadap motivasi belajar IPA tema Sistem Pernafasan Manusia pada peserta didik kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru, 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping terhadap hasil belajar IPA tema Sistem Pernafasan Manusia pada peserta didik kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru, 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar IPA tema Sistem Pernafasan Manusia pada peserta didik kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis desain penelitian adalah eksperimen semu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru dengan mengambil 2 sampel yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar IPA Tema Sistem Pernapasan Manusia Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru. Hal ini ditunjukkan oleh ttabel < thitung yaitu 1,672 < 2,868 dan sig (2-tailed) = 0.006 < 0,05, 2) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Tema Sistem Pernapasan Manusia Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru. Hal ini ditunjukkan oleh ttabel < thitung yaitu 1,672 < 3,087 dan sig (2-tailed) = 0.003 < 0,05. 3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Tema Sistem Pernapasan Manusia Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru. Hal ini ditunjukkan oleh harga F untuk Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root memiliki nilai Sig. 0,000 di mana Sig. 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Skripsi 17208153075 Wira Padang Subekhi
Date Deposited: 01 Aug 2019 06:41
Last Modified: 01 Aug 2019 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12433

Actions (login required)

View Item View Item