Penyelenggaraan Pendidikan Islam dalam Mempersiapkan Kualitas Akhlak Anak di SDI Miftahul Ulum Bendosari Kras Kediri

Ika Arina, Wulandari (2012) Penyelenggaraan Pendidikan Islam dalam Mempersiapkan Kualitas Akhlak Anak di SDI Miftahul Ulum Bendosari Kras Kediri. [ Skripsi ]

[img] Text
bab 1 IKAAA.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II print.doc

Download (178kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
11. ABSTRAK new.docx

Download (22kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Penyelenggaraan Pendidikan, Kualitas Akhlak. Sehubungan dengan upaya penyelenggaraan pendidikan dalam mempersiapkan kualitas akhlak anak, penulis memilih SDI Miftahul Ulum sebagai lokasi penelitian. Hal ini dikarenakan di lembaga tersebut memiliki keunikan dalam menerapkan konsep full day school sehingga tercipta lingkungan yang kondusif dan pergaulan anak didiknya mendapatkan pemantauan dari sekolah cukup lama, Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana metode pendidikan dalam mempersiapkan kualitas akhlak anak di SDI Miftahul Ulum Bendosari Kras Kediri ? (2) Faktor apa yang mendukung dan menghambat penyelenggaraan pendidikan dalam mempersiapkan kualitas akhlak anak di SDI Miftahul Ulum Bendosari Kras Kediri ? (3) Bagaimana hasil yang dicapai dengan adanya penyelenggaraan pendidikan dalam mempersiapkan kualitas akhlak anak di SDI Miftahul Ulum Bendosari Kras Kediri ? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui metode pendidikan, (2) untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung penyelenggaraan pendidikan, (3) untuk mengetahui hasil yang dicapai dalam penyelenggaraan pendidikan dalam meningkatkan kualitas akhlak anak di SDI Miftahul Ulum Bendosari Kras Kediri. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif. Dengan metode pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan akhirnya menghasilkan sesuatu kesimpulan sebagai berikut: (1) bahwa penyelenggaraan pendidikan dalam mempersiapkan kualitas akhlak anak menggunakan metode diantaranya ialah: metode hafalan, ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, praktikum, pembiasaan, dan metode uswatun hasanah. Kedua, faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor pendukungnya adalah: banyak guru yang lulusan PTAIN, literaturnya mendukung, lingkungan di sekitar SDI merupakan lingkungan yang agamis, SDI berdekatan dengan masjid, adanya dukungan dan motivasi dari orang tua, kebersamaan dalam diri masing-masing guru dalam membina akhlakul karimah anak. (2) faktor penghambatnya adalah: latar belakang siswa yang berbeda, kurangnya sarana dan prasarana, lingkungan anak (pergaulan) yang kurang mendukung, jarak rumah ke sekolah relatif jauh. (3) hasil yang dicapai SDI Miftahul Ulum: Semakin meningkatnya tingkah laku (akhlak) anak, siswa mampu menjadi imam sholat ketika berjamaah di sekolahan, SDI Miftahul Ulum meraih juara 1 UAN tingkat Kecamatan dan masuk 10 besar tingkat Kabupaten, mendapatkan juara 1 lomba qiro’ah tingkat Kecamatan, mempunyai drumband terbaik sekarisidenan Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 11 Feb 2015 03:57
Last Modified: 11 Feb 2015 03:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1244

Actions (login required)

View Item View Item