PERANAN GURU DALAM MENERAPKAN ILMU TAJWID PADA SANTRI TPQ MADRASAH THORIQUL HUDA DESA KATES KECAMATAN KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG

MUHAMAD ARIS RIZAL, 17201153160 (2019) PERANAN GURU DALAM MENERAPKAN ILMU TAJWID PADA SANTRI TPQ MADRASAH THORIQUL HUDA DESA KATES KECAMATAN KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (888kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (234kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul Peranan Guru dalam menerapkan Ilmu Tajwid pada Santri TPQ Madrasah Thoriqul Huda desa Kates Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung ini ditulis oleh Muhamad Aris Rizal, NIM. 17201153160. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. H Imam Fuadi, M. Ag Kata Kunci: Peranan Guru, Ilmu Tajwid, Santri TPQ Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam suatu kehidupan tidak dapat lepas dari pendidikan karena dalam setiap hal yang kita lakukan selalu membutuhkan ilmu dan pengetahuan, maka dari itu terciptalah suatu pendidikan. Adanya pengaruh globalisasi disegala bidang, menjadikan keinginan untuk mendalami Al-Quran semakin berkurang. Jadi apabila seorang anak tidak dibekali serta diimbangi dengan Ilmu Agama termasuk belajar Al-Quran sejak dini maka kepribadian yang kurang baik serta kemampuan dalam membaca Al-Quran akan sangat berkurang. Dalam mempelajari Al-Quran, Ilmu Tajwid sangat perlu diajarkan kepada orang yang ingin membaca atau mempelajarinya. Sebab kesalahan satu huruf atau panjang-pendek dalam membaca Al Quran dapat berakibat fatal, yakni perubahan arti.dalam Ilmu Tajwid diajarkan bagaimana cara mengucapkan huruf yang berdiri sendiri, yang dirangkai dengan huruf lain, melatih lidah mengucapkan huruf sesuai dengan makhraj-nya, mengetahui panjang pendek suatu bacaan, dan sebagainya. Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peranan guru dalam penerapan ilmu tajwid sesuai makhorijul khuruf pada santri TPQ Thoriqul Huda desa kates kecamatan kauman kabupaten tulungagung (2) Bagaimana peranan guru dalam penerapan ilmu tajwid sesuai bacaan nun mati dan tanwin pada santri TPQ Thoriqul Huda desa kates kecamatan kauman kabupaten tulungagung (3) Bagaimana peranan guru dalam penerapan ilmu tajwid sesuai mad pada santri TPQ Thoriqul Huda desa kates kecamatan kauman kabupaten tulungagung Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam penerapan ilmu tajwid sesuai makhorijul khuruf pada santri TPQ Thoriqul Huda desa kates kecamatan kauman kabupaten tulungagung (2) Untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam penerapan ilmu tajwid sesuai bacaan nun mati dan tanwin pada santri TPQ Thoriqul Huda desa kates kecamatan kauman kabupaten tulungagung. (3) Untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam penerapan ilmu tajwid sesuai mad pada santri TPQ Thoriqul Huda desa kates kecamatan kauman kabupaten tulungagung Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapaun teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, pengecekan teman sejawat, menggunakan bahan referensi dan memberchcek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peranan guru dalam penerapan ilmu tajwid sesuai makhorijul khuruf pada santri TPQ Thoriqul Huda desa kates kecamatan kauman kabupaten tulungagung sudah menerapkan dengan baik dengan cara melalui dalam pembelajaran guru menggunakan beberapa metode yaitu (metode ceramah, metode demonstrasi, metode drill), adanya kegiatan belajar di luar kelas guna menambah wawasan dan mengupdate ilmunya, adanya progam evaluasi dari guru sebagai acuan dalam memberikan materi selanjutnya. (2) Peranan guru dalam penerapan ilmu tajwid sesuai bacaan nun mati dan tanwin pada santri TPQ Thoriqul Huda desa kates kecamatan kauman kabupaten tulungagung sudah menerapkan dengan baik dengan cara adanya penyampaian materi sebelum praktek, adanya praktek setelah penyampaian materi dari guru, adanya kesabaran dan ketlatenan pada guru dalam menyampaikan dan membimbing santrinya, adanya kesulitan santri dalam memahami bacaan nun mati dan tanwin. (3) Peranan guru dalam penerapan ilmu tajwid sesuai mad pada santri TPQ Thoriqul Huda desa kates kecamatan kauman kabupaten tulungagung sudah menerapkan dengan baik, yakni dengan cara memaksimalkan peran guru sebagai pendidik yang baik dengan menyampaikan materi dengan sungguh-sungguh serta menggunakan metode dengan tepat, adanya penggunaan metode An-Nahdiyah dari guru dalam pembelajaran di dalam kelas, adanya ketukan dalam setiap kalimat yang di baca agar membiasakan santri sesuai dalam melafalkan kalimat sesuai ketukannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153141 MUHAMMAD ULIL ALBAB ZAMZAMI
Date Deposited: 29 Jul 2019 02:08
Last Modified: 29 Jul 2019 02:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12507

Actions (login required)

View Item View Item