PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII DI MTsN 2 TULUNGAGUNG

NOVITANGATUS SANGADAH, 17201153130 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (927kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning Tipe Cadr Sort Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VIII Di MTsN 2 Tulungagung” yang ditulis oleh Novitangatus Sangadah, NIM. 17201153130, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dosen pembimbing: Dr. H. Asrop Safi’I, M.Ag. Kata kunci: Active, Learning, Card, Sort, Hasil, Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang monoton yang dapat membuat siswa bosan dalam menerima pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu guru harus bisa memaksimalkan dalam memilih model pembelajaran, dengan menyampaikan materi pembelajaran menggunakan model yang menarik dapat membantu siswa lebih semangat dalam belajar. Salah satu model pembelajaran diantaranya yaitu model pembelajaran active learning. Model pembelajaran active learning merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut keaktifan siswanya pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung agar mencapai hasil belajar yang memuaskan. Ada beberapa tipe model pembelajaran active learning salah satunya yaitu tipe card sort. Tipe card sort (mensortir kartu) yaitu suatu strategi yang digunakan pendidik dengan maksud mengajak peserta didik untuk menemukan konsep dan fakta melalui klasifikasi materi yang dibahas dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Adakah pengaruh model pembelajaran active learning tipe card sort terhadap hasil belajar kognitif fiqih siswa kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran active learning tipe card sort terhadap hasil belajar afektif fiqih siswa kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran active learning tipe card sort terhadap hasil belajar psikomotorik fiqih siswa kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan Quasi Eksperimen Design atau desain eksperimen semu tipe Posttest Only, Non-equivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran active learning tipe card sort, variabel terikatnya adalah hasil belajar fiqih siswa kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung berjumlah 425 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 75 siswa dari kelas eksperimen (VIIIC) dan kelas kontrol (VIIIB). Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan, pada hasil belajar kognitif diperoleh nilai signifikan sebesar 0,003 untuk kelas B dan kelas C. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 jadi hal ini memiliki pengaruh yang baik dengan perbedaan rata-rata 5,71. (2 ) Terdapat pengaruh yang signifikan, pada hasil belajar afektif diperoleh nilai signifikan sebesar 0,001 untuk kelas B dan kelas C. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 jadi hal ini memiliki hasil yang baik dengan perbedaan rata-rata 5. (3) Tidak terdapat pengaruh pada hasil belajar psikomotorik, bahwa nilai signifikan sebesar 0,605 untuk kelas B dan 0,604 untuk kelas C. Nilai tersebut lebih besar dari 0,05 jadi hal ini menunjukkan tidak terdapatnya pengaruh yang signifikan karena memiliki perbedaan dengan rata-rata 2,11, pada kelas B 81,84 dan kelas BC 79,73.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153130 NOVITANGATUS SANGADAH
Date Deposited: 05 Aug 2019 06:47
Last Modified: 05 Aug 2019 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12733

Actions (login required)

View Item View Item