SUKMA WARDATUL UMMAH, 17205153055 (2019) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (629kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skirpsi dengan judul “Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini di tulis oleh Sukma Wardatul Ummah, NIM 17205153055, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Asrop Syafi’i, M.Ag. Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ada siswa yang kurang memiliki hubungan dengan temannya, ruang tempat belajar siswa belum tersusun rapi, masih ada fasilitas kelas yang belum lengkap serta dari observasi tersebut masih terlihat ruang dan tempat belajar yang kurang nyaman, fasilitas di ruang kelas belum lengkap, ruang perpustakaan masih kurang nyaman di gunakan serta kelengkapan buku yang belum terpenuhi bagi siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pengaruh lingkungan belajar sekolah terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana pengaruh lingkungan belajar keluarga terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (4) Bagaimana pengaruh lingkungan belajar sekolah, keluarga dan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif,dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Populasi berjumlah 323 siswa MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster sampling (sampling area) dengan sampel 50 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh lingkungan belajar sekolah terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh nilai thitung adalah 3.929 dan diketahui nilai ttabel 2,010 sehingga t hitung>ttabel dan taraf sign 0,030 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. 2) Terdapat pengaruh lingkungan belajar keluarga terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh nilai thitung adalah 2.684 dan diketahui nilai ttabel 2,010 sehingga thitung>ttabel dan taraf sign 0,009 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. 3) Terdapat pengaruh lingkungan belajar masyarakat terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak MI Podorejo SumbergempolTulungagung. Berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh nilai thitung adalah 4.267 dan diketahui nilai ttabel 2,010 sehingga thitung>ttabel dan taraf sign 0,002< 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. 4)Terdapat pengaruh lingkungan belajar sekolah, lingkungan belajar keluarga, lingkungan belajar masyarakat terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak MI Podorejo Sumbergempol Tulungaung. Berdasarkan uji regresi linier ganda diperoleh hasil FHitung adalah 10.795, sedangkan FTabel pada tingkat signifikansi 5% atau 0,05 dengan kebebasan df1 (N1) = K-1 (4-1= 3) dan df2 (N2) = n-k = 50-4 = 46, maka diperoleh FTabel adalah 3,34 dengan perbandingan antara FHitung dengan FTabel diperoleh kesimpulan bahwa FHitung > FTabel (3.634> 2,81), maka menolak H0 . artinya, secara stimulant terdapat pengaruh antara variabel lingkungan belajar sekolah (X1), lingkungan belajar keluarga (X2), dan lingkungan belajar masyarakat (X3), terhadap prestasi belajar akidah akhlak (Y).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153055 SUKMA WARDATUL UMMAH |
Date Deposited: | 09 Aug 2019 06:45 |
Last Modified: | 09 Aug 2019 06:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12784 |
Actions (login required)
View Item |