DIRA ROSIANA FATCIA, 17206153039 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PASIR BERWARNA TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI TK AL-HIDAYAH PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (739kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (537kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (276kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (252kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (261kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh penggunaan metode pasir berwarna terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Al-Hidayah Karangbendo Ponggok Blitar” ini ditulis oleh Dira Rosiana Fatcia, NIM. 17206153039, Pembimbing Mirna Wahyu Agustina, M.Psi., NIP. 198608222014032004 Kata kunci : Pengaruh Metode Pasir Berwarna, Kemampuan Motorik Halus Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa dalam pemebelajaran motorik halus pada TK Al-Hidayah Karangbendo Ponggok Blitar selama ini kurang menarik dan monoton guru hanya mengandalkan Lembar Kerja Anak saja, dalam meningkatkan perkembangan motorik halus guru harus kreatif dan inovatif dalam pemilihan pembelajaran. Akibatnya anak mudah merasa bosan bahkan tidak mau melakukan kegiatan pengembangan motorik halus, maka dari itu peneliti mengambil salah satu metode pasir berwarna ini untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penggunaan metode pasir berwana berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun Kelompok B di TK Al Hidayah Blitar? (2) Seberapa besar pengaruh penggunaan metode pasir berwarna terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun Kelompok B di RA Al Hidayah Blitar? Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengumpulan data di peroleh dengan cara observasi dan dokumentasi. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah seluruh kelompok B di TK Al-Hidayah karangbendo yaitu sejumlah 40 anak. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai Asymp. Signifikan (2-tailed) sebesar 0,00 sehingga nilai signifikan. <0,05. Hipotesis diterima artinya bahwa dengan metode pasir berwarna mampu menjadikan kemampuan motorik halus anak di TK Al-Hidayah Karangbendo Ponggok Blitar lebih baik, dan besar pengaruhnya adalah 76% termasuk dalam kategori sedang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 17206153039 DIRA ROSIANA FATCIA |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 07:26 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 07:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13135 |
Actions (login required)
View Item |