PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORRAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL HIDAYAH SAMIR

RISKA YOVIANA, 17205153125 (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORRAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL HIDAYAH SAMIR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Pengaruh Metode Pembelajaran Course Review Horray (CRH) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Islam Al Hidayah Samir Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Riska Yoviana, NIM. 17205153125, pembimbing Abdulloh Chakim, M.Pd. Kata kunci: Metode pembelajaran Course Review Horray (CRH), Hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana hasil belajar pada mata pelajaran IPA cenderung rendah. Hal ini disebabkan karena pelaksanaan pembelajaran dikelas masih berorientasi pada guru, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang banyak memberikan soal latihan yang memiliki proses penyelesaian tunggal sehingga prosesnya selalu diulang dan dihafal dapat membuat pembelajaran di kelas cenderung monoton, kurang kreatif, dan membosankan. Oleh karena itu, guna mewujudkan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran CRH (Course Review Horay) yang dilakukan dengan cara permainan agar siswa ikut aktif di dalam kelas. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh metode pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V di SDI Al Hidayah Samir? (2) Apakah ada pengaruh metode pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar afektif IPA siswa kelas V di SDI Al Hidayah Samir ?. (3) Apakah ada pengaruh metode pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar psikomotor IPA siswa kelas V di SDI Al Hidayah Samir? (4) Apakah ada pengaruh metode pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar Kognitif, afektif dan psikomotor IPA siswa kelas V di SDI Al Hidayah Samir? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran CRH (Course review Horray) terhadap hasil belajar kognitif, (2) untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran CRH (Course review Horray) terhadap hasil belajar afektif, (3) untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran CRH (Course review Horray) terhadap hasil belajar psikomotor, (4) untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran CRH (Course review Horray) terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor siswa kelas V materi Air dan peristiwa alam di SD Islam Al Hidayah Samir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitiannya adalah quasi experiment dan populasinya adalah siswa kelas V SD Islam Al Hidayah Samir. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) observasi, (2) kuesioner (angket), (3) tes, dan (4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya pengaruh metode pembelajaran CRH (Course Review Horray) terhadap hasil belajar kognitif siswa. Terbukti dengan nilai 0,000<0,05 dengan rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen 84,76 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 75,00. (2) adanya pengaruh metode pembelajaran CRH (Course Review Horray) terhadap hasil belajar afektif siswa. Terbukti dengan nilai 0,001<0,05 dengan rata-rata hasil belajar afektif siswa kelas eksperimen 83,67 sedangkan pada kelas control sebesar 7,38. (3) adanya pengaruh metode pembelajaran CRH (Course Review Horray) terhadap hasil belajar psikomotor siswa. Terbukti dengan nilai 0,002<0,05 dengan rata-rata hasil belajar psikomotor siswa kelas eksperimen 85,76 sedangkan pada kelas control sebesar 76,05. (4) adanya pengaruh metode pembelajaran CRH (Course Review Horray) terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor siswa. Terbukti dari analisis Pillae Trace, Wilk Lamda, Hotelling Trace Roy’s Largest Root, dimana signifikan 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153125 RISKA YOVIANA
Date Deposited: 02 Sep 2019 08:18
Last Modified: 02 Sep 2019 08:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13208

Actions (login required)

View Item View Item