PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPIT AL-AZHAAR GANDUSARI TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018/2019

ROBIN HERNAWAN, 1721143356 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPIT AL-AZHAAR GANDUSARI TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (409kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPIT Al-Azhaar Gandusari Trenggalek Tahun 2018/2019” ini ditulis oleh Robin Hernawan, NIM 1721143356, Pembimbing Dr. Purwowidodo, M.Pd. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif think pair share, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif think pair share terhadap motivasi dan hasil belajar. Kajian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar peserta didik saat mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang rendah. Kondisi tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantarannya yaitu model pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik dan bervariasi, pembelajaran lebih di dominasi oleh guru dan siswa yang pintar sehingga siswa yang kurang pintar cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran dan peserta didik menganggap mata pelajaran akidah akhlak adalah pelajaran yang membosankan. Dengan demikian, diperlukan adanya inovasi baru dalam pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif think pair share. Salah satu keunggulan model pembelajaran kooperatif think pair share adalah siswa lebih aktif dalam kelas, serta siswa lebih mudah mengingat pelajaran yang mereka diskusikan bersama kelompok di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif think pair share terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi riya’ dan nifaq SMPIT Al-Azhaar Gandusari Trenggalek tahun ajaran 2018/2019? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif think pair share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi riya’ dan nifaq SMPIT Al-Azhaar Gandusari Trenggalek tahun ajaran 2018/2019? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif think pair share terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi riya’ dan nifaq SMPIT Al-Azhaar Gandusari Trenggalek tahun ajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimental yakni Pre-Experiment Design dengan desain penelitian One- Group Pretest-Posttest Design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Instrumen angket untuk mengukur motivasi belajar dan instrumen tes berupa pre test dan post test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal dianalisis dengan menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif think pair share terhadap motivasi dan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil motivasi siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share sebesar 121,53, sedangkan sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share 107,40. Rata-rata hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share sebesar 85,33, sedangkan sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share sebesar 74,67. Hasil uji MANOVA diperoleh Pillai’s Trace, Wilsks’ Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root memiliki signifikansi 0,002 yang berarti < 0,05. Dan dari tabel test of between-subject effects menunjukkan nilai motivasi siswa mempunyai tingkat signifikan 0,037 < 0,05. Begitu juga dengan hasil belajar yang menunjukkan tingkat signifikan 0,003 < 0,05. Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143356 ROBIN HERNAWAN
Date Deposited: 10 Sep 2019 02:44
Last Modified: 10 Sep 2019 02:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13381

Actions (login required)

View Item View Item