STRATEGI GURU DALAM MENANGANI SISWA LAMBAN BELAJAR (Slow learner) di SDI AL-AZHAAR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

EKA PUTRI ATIKAH, 17205153323 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENANGANI SISWA LAMBAN BELAJAR (Slow learner) di SDI AL-AZHAAR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (333kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (409kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text
Bab V.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menangani Siswa Lamban Belajar (Slow learner) di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Eka Putri Atikah, NIM. 17205153323, pembimbing Musrikah, M.Pd. Kata kunci: strategi guru, lamban belajar, slow learner Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah kasus yang terjadi pada sekolah-sekolah umum yang menerapkan strategi pembelajaran khusus untuk menangani kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa slow learner dalam belajar maupun berinteraksi dengan sekitarnya. Dalam hal ini peneliti melihat masih banyak siswa–siswi yang masih bersekolah pada lembaga pendidikan umum yang pada realitanya tidak menerapkan penanganan khusus untuk mengatasi permasalahan siswa-siswi slow learner. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui langkah dari lembaga pendidikan yang menerapkan strategi khusus untuk menangani permasalahan siswa slow learner tersebut. Salah satu lembaga pendidikan ditingkat sekolah dasar yang ada di tulungagung yang menerapkan strategi khusus untuk menangani permasalahan belajar maupun permasalah interaksi siswa slow learner adalah SDI AlAzhaar Kedungwaru Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakteristik siswa slow learner di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung dan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam menangani masalah belajar siswa slow learner di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian study kasus. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan informan/subjek wawancara waka kurikulum, guru pendamping kelas terapi dan 2 siswa slow learner kelas terapi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan transkip wawancara. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan trianggulasi dan uraian rinci. Hasil peelitian menunjukkan bahwa ada dua hasil yakni terkait karakteristik siswa slow learner di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung dan strategi untuk menangani siswa slow learner. Hasil terkait karakteristik siswa slow learner dapat dibedakan menjadi 2 macam, yakni karakteristik umum dan karakteristik khusus. Adapun karakteristik umum atau dapat dikatakan karakteristik yang dimiliki siswa slow learner secara menyeluruh antara lain memiliki konsentrasi yang kurang, daya ingat yang lemah, rangsangan belajar lebih, lambat dalam menyelesaikan tugas, motivasi belajar rendah, rata-rata prestasi kurang, sulit berkomunikasi, emosi kurang terkendali, sering membuat kesalahan. Dan karakteristik khusus atau karakteristik yang hanya dimiliki siswa slow learner dengan kondisi tertentu yang artinya selain slow learner siswa tersebut juga memiliki ketunaan ganda. Hasil penelitian yang kedua yakni terkait strategi pembelajaran untuk siswa slow learner di SDI Al-Azhaar adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran individualis dan strategi pembelajaran inklusi. Strategi pembelajaran individualis di SDI Al-Azhaar ini diterapkan khusus untuk menangani masalah belajar yang dihadapi oleh siswa slow learner yang masih berada di kelas terapi bersama dengan siswa-siswa yang memiliki masalah belajar lainnya dengan mengutamakan metode reward dan punishment. Selain itu juga terdapat strategi pembelajaran lain yakni, strategi pembelajaran inklusi untuk siswa-siswi slow learner yang mampu mengikuti pembelajaran sesuai dengan siswa-siswi reguler lainnya dan tidak memiliki ketunaan ganda.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153323 EKA PUTRI ATIKAH
Date Deposited: 12 Nov 2019 04:04
Last Modified: 12 Nov 2019 04:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13718

Actions (login required)

View Item View Item