ROMLI ALEE, 2811133311 (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA DI SEKOLAH WATNATHAM ISLAM, PATANI (THAILAND). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (408kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (498kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (138kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (349kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (189kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di Sekolah Watnatham Islam, Patani (Thailand).” Ini Ditulis Oleh Romli Alee, NIM: 2811133311, Pembimbing Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Fenomena yang terjadi saat ini menunjukkan bahwa siswa yang tidak mempunyai latar belakang pendidikan agama yang kuat ia akan memiliki kemampuan baca Al-Qur’an yang rendah. Demikian pula yang terjadi ketika pola asuh orang tua yang tidak memberi pondasi agama sejak anak usia dini serta faktor lingkungan yang tidak mendukung juga membawa peluang yang besar akan menambah angka rendahya kualitas baca tulis Al-Qur’an pada generasi muda. Padahal Al-Qur’an diakui sebagai kitab sucinya dan menjadi pedoman hidup sehari-hari. Saat ini, anak-anak lebih disibukkan dengan sekolah serta kegiatan lainnya, sehingga banyak sekali anak-anak muslim lulusan sekolah menengah yang masih buta huruf terhadap Al-Qur’an bagi umat Islam. Maka dari itu, guru-giuru Sekolah Watnatham Islam, Patani (Thailand). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an sebagai bekal untuk kelangsungan hidup dan mempertahankan nilai-nilai Agama Islam dimasa mendatang. Fokus penelitian ini adalah 1. Bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di sekolah watnatham Islam, Patani (Thailand). 2. Bagaimana pendukung guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di sekolah watnatham Islam, Patani (Thailand). 3. Bagaimana hambatan peran guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di sekolah watnatham Islam, Patani (Thailand). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang berusaha mendiskripsikan dan menginterprestasikan data yang ada dengan lokasi di Sekolah Watnatham Islam, Patani (Thailand). Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan metode induktif yang digunakan untuk mengelola data kualitatif, dengan prosedur analisis data kedalam 3 langkah meliputi tahap reduksi data, sajian data (display data), menarik kesimpulan dan verifikasi. Setelah melaksanakan penelitian di Sekolah Watnatham Islam Patani Thailand. Terkait Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Maka peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut: 1. Dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di Sekolah Watnatham Islam Patani Thailand. yaitu dalam proses belajar mengajar guru menggunakan beberapa peran dalam belajar mengajar seperti: Peran sebagai mu’allim/mudarris, pentashih, motivasi, membantu kesulitan belajar tajwid, untuk siswa itu meningkatkan kemampuan membaca AL-Qur’an belajar masing-masing. 2. Faktor-faktor pendukung adalah: adanya kebiasaan atau tradisi yang ada di Sekolah Watnatham Islam Patani Thailand, adanya orang tua dalam pendidikan anak dan kesadaran dari para siswa, adanya kebersamaan dalam diri masing-masing. 3. Faktor-faktor penghambat itu antara lain minimnya waktu mengajar dan lingkungan masyarakat yang kurang baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133311 ROMLI ALEE |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 03:10 |
Last Modified: | 14 Nov 2019 03:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13849 |
Actions (login required)
View Item |