KORELASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL JANNAH DESA PARAKAN KABUPATEN TRENGGALEK

MUHAMMAD MUKLIS, 2811123168 (2019) KORELASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL JANNAH DESA PARAKAN KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Korelasi Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Perilaku Siswa di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Jannah Desa Parakan Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Muhammad Muklis, NIM. 2811123168, dibimbing oleh Drs. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci : Pembelajaran, Akidah Akhlak, Perilaku Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan akhlak pada siswa untuk membentuk perilaku siswa yang baik. Karena akhlak merupakan cerminan diri seseorang. Apabila baik akhlaknya maka baik pula sikap dan perilaku seseorang, namun jika buruk akhlak seseorang, maka buruk pulalah sikap dan perilaku seseorang. Jadi semakin baik akhlak seseorang maka akan semakin baik sikap dan perilakunya. Pendidikan akhlak ini salah satunya yaitu melalui pembelajaran akidah akhlak di dalam lembaga pendidikan. Dan salah satu lembaga pendidikan yang mengutamakan pembelajaran akhlak siswanya yaitu Madrasah Tsanawiyah Miftahul Jannah Desa Parakan Kabupaten Trenggalek. Untuk itu peneliti tertarik untuk meneliti korelasi antara pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Jannah Desa Parakan Kabupaten Trenggalek terhadap perilaku siswanya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana korelasi hasil belajar akidah akhlak ranah kognitif terhadap perilaku siswa di MTs Miftahul Jannah Desa Parakan Kabupaten Trenggalek? (2) Bagaimana korelasi hasil belajar akidah akhlak ranah afektif terhadap perilaku siswa di MTs Miftahul Jannah Desa Parakan Kabupaten Trenggalek? (3) Bagaimana korelasi hasil belajar akidah akhlak ranah psikomotorik terhadap perilaku siswa di MTs Miftahul Jannah Desa Parakan Kabupaten Trenggalek? (4) Bagaimana hubungan bersama-sama antara hasil belajar akidah akhlak ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik terhadap perilaku siswa di MTs Miftahul Jannah Desa Parakan Kabupaten Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitiannya di MTs Miftahul Jannah Desa Parakan Kabupaten Trenggalek, sumber datanya merupakan sumber data primer, metode pengumpulan datanya menggunakan kuisioner, dokumentasi, dan wawancara. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis instrumen penelitian, uji normalitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasaan siswa didik. Hal tersebut dikarenakan citra kualitas pembelajaran yang baik bukanlah berdasarkan sudut pandang atau persepsi pihak penyedia pendidikan, melainkan berdasarkan sudut pandang atau persepsi siswa didik, siswa didiklah yang mengkonsumsi dan menikmati pendidikan perusahaan, sehingga merekalah yang seharusnya menetukan kualitas pembelajaran. Persepsi siswa didik terhadap kualitas pendidikan merupakan penilaian menyeluruh atas keunggulan suatu pendidikan dari sudut pandang siswa didik. Namun, perlu diperhatikan bahwa sifat pendidikan yang tidak nyata (intangibel) menyebabkan sangat sulit bagi siswa didik untuk menilai pendidikan sebelum dia mengalaminya, bahkan setelah dia konsumsi pendidikan tertentu pun, sulit bagi siswa didik untuk menilai kualitas pendidikan tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123168 MUHAMMAD MUKLIS
Date Deposited: 27 Nov 2019 06:20
Last Modified: 27 Nov 2019 06:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14010

Actions (login required)

View Item View Item