PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG DISIPLIN KERJA GURU TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DALAM MATA PELAJARAN QURAN HADIS DI MAN 2 JOMBANG

KHARISMA DUWI NUR AFIFA, 17201153206 (2019) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG DISIPLIN KERJA GURU TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DALAM MATA PELAJARAN QURAN HADIS DI MAN 2 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (693kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (707kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf

Download (687kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (578kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (206kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Disiplin Kerja Guru Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Dalam Mata Pelajaran Quran Hadis Di MAN 2 Jombang” ini ditulis oleh Kharisma Duwi Nur Afifa, NIM. 17201153206. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Mirna Wahyu Agustina, M.Psi, Nip.198608222014032004. Kata Kunci: Persepsi Siswa, Disiplin Kerja Guru, Minat dan Hasil Belajar Disiplin kerja yang baik mencerminkan besarnya rasa tanggungjawab seseorang terhadap tugas-tugas yang diberikan padanya. Untuk itu disiplin dalam bentuk pelaksanaan peraturan sangat diperlukan bagi seorang guru, karena disiplin adalah faktor yang esensial dalam mengembangkan potensi individu. Faktor terpenting dari seorang guru adalah kedisiplinan kerjanya. Berawal dari disiplin kerja yang dimiliki oleh seorang guru, maka akan lahir loyalitas dan dedikasi yang tinggi terhadap suatu pekerjaan dan proses inilah yang nantinya akan mengantarkan pada kesuksesan guru dalam mewujudkan hasil belajar yang maksimal bagi para siswanya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh persepsi siswa tentang disiplin kerja guru terhadap minat belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran Quran Hadis di MAN 2 Jombang. (2) Adakah pengaruh persepsi siswa tentang disiplin kerja guru terhadap hasil belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran Quran Hadis di MAN 2 Jombang. (3) Adakah pengaruh persepsi siswa tentang disiplin kerja guru terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran Quran Hadis di MAN 2 Jombang. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang disiplin kerja guru terhadap minat belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran Quran Hadis di MAN 2 Jombang. (2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang disiplin kerja guru terhadap hasil belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran Quran Hadis di MAN 2 Jombang. (3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang disiplin kerja guru terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran Quran Hadis di MAN 2 Jombang. Pendekatan ini adalah kuantitatif dengan populasi sebanyak 292. Pengambilan sampel tersebut dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan dokumen yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu keadaan tertentu yang ada pada masa sekarang, kemudian dijelaskan, dianalisis dan disajikan sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah gambaran yang jelas dan sistematis. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas, regresi sederhana, dan uji manova. Hasil penelitian ini menunujukan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang disiplin kerja guru terhadap minat belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran Quran Hadis di MAN 2 Jombang, yang ditunjukkan berdasarkan uji regresi sederhana dengan nilai signifikan untuk variabel minat belajar siswa 0,004 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang disiplin kerja guru terhadap hasil belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran Quran Hadis di MAN 2 Jombang, yang ditunjukkan berdasarkan uji regresi sederhana dengan nilai signifikan untuk variabel hasil belajar siswa 0,001 < 0,05. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang disiplin kerja guru terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran Quran Hadis di MAN 2 Jombang, yang ditunjukkan berdasarkan uji Manova diperoleh tingkat signifikan 0,000 < 0,05 hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikan uji serempak diperoleh 0,000 dan 0,003.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153206 KHARISMA DUWI NUR AFIFA
Date Deposited: 02 Dec 2019 08:32
Last Modified: 02 Dec 2019 08:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14024

Actions (login required)

View Item View Item