HUBUNGAN ANTARA JENIS SUMBER BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MI TERPADU ASH SHOLIH TANJUNGSARI KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

YUDA ADITYA KURNIAWAN, 1725143308 (2019) HUBUNGAN ANTARA JENIS SUMBER BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MI TERPADU ASH SHOLIH TANJUNGSARI KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (140kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Jenis Sumber Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar di MIT Ash Sholih Tanjungsari Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019”, ini ditulis oleh Yuda Aditya Kurniawan, NIM 1725143308, Pembimbing Dr. Arina Shofiya, MPd. Kata Kunci : Jenis Sumber Belajar, Minat Belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan sumber belajar yang ada di MIT Ash Sholih membuat peserta didik kurang mempunyai minat belajar dan membaca terhadap buku pelajaran, modul, panduan sehingga kurang mempunyai pengetahuan yang luas sehingga dapat menyebabkan prestasi belajar peserta didik menurun dalam pelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar masih kurang dan peserta didik cenderung pasif memanfaatkan sumber belajar yang ada di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah Ada Hubungan yang Signifikan antara Jenis Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di MIT Ash Sholih Tanjungsari Karangrejo?, (2) Apakah Ada Pengaruh yang Signifikan antara Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di MIT Ash Sholih Tanjungsari Karangrejo?, (3) Apakah Ada Pengaruh yang Signifikan antara Jenis Sumber Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di MIT Ash Sholih Tanjungsari Karangrejo?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Jenis Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar di MIT Ash Sholih Tanjungsari Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019, (2) Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar di MIT Ash Sholih Tanjungsari Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019, (3) Pengaruh Jenis Sumber Belajar dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar di MIT Ash Sholih Tanjungsari Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I-VI MIT Ash Sholih tanjungsari karangrejo tulungagung yang terdiri dari 8 kelas dan jumlah siswa keseluruhan adalah 131 siswa. Sampel penelitiannya adalah 66 Siswa dengan menggunakan sampling proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel jenis sumber belajar dan minat belajar serta dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan SPSS 22.0 for windows dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Ada hubungan yang signifikan antara jenis sumber belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di MIT Ash Sholih Tanjungsari Karangrejo, dibuktikan dari perolehan nilai t hitung > t tabel (2.687 > 1,669). Nilai signifikansi t untuk variabel pemanfaatan sumber belajar adalah 0.009 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,009 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Ada hubungan yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di MIT Ash Sholih Tanjungsari Karangrejo dibuktikan dari perolehan nilai: thitung > ttabel (2.262 > 1,669). Nilai signifikansi t untuk variabel minat belajar adalah 0.027 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0.05 (0,027 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. 3) Ada hubungan yang signifikan antara jenis sumber belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik, dibuktikan dari nilai Fhitung (7.637) > Ftabel (3.143) dan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji serempak (uji F) diperoleh nilai 0,001, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang ditetapkan (0,001 < 0,05). Jadi H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 172514303308 YUDA ADITYA KURNIAWAN
Date Deposited: 28 Nov 2019 06:53
Last Modified: 28 Nov 2019 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14033

Actions (login required)

View Item View Item