STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 PANGGUNGREJO BLITAR

ZAHROH TRISNA DWI LIAM, 17201153245 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 PANGGUNGREJO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (263kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (481kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlakul Karimah Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Panggungrejo Blitar” ini ditulis oleh Zahroh Trisna Dwi Liam, NIM. 17201153245, di bimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, MA Kata Kunci : Strategi Guru, Akhlakul Karimah Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya peserta didik sekarang yang kurang memiliki Akhlakul Karimah, maka penanaman nilai-nilai Akhlakul Karimah pada peserta didik di sekolah menjadi yang terpenting. Dalam proses pembelajaran guru diharuskan mempunyai strategi yang tepat dalam mencapai kegiatan pembelajaran. Untuk itu strategi dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Panggungrejo Blitar harus melalui tiga aspek yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. Fokus dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlakul Karimah melalui Aspek Kognitif Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Panggungrejo Blitar (2) Bagaimana Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlakul Karimah melalui Aspek Afektif Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Panggungrejo Blitar (3) Bagaimana Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlakul Karimah melalui Aspek Psikomotorik Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Panggungrejo Blitar. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlakul Karimah melalui Ranah Kognitif Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Panggungrejo Blitar (2) Untuk mengetahui Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlakul Karimah melalui Ranah Afektif Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Panggungrejo Blitar (3) Untuk mengetahui Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlakul Karimah melalui Ranah Psikomotorik Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Panggungrejo Blitar Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan mengadakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitian Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlakul Karimah Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui tiga aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dalam aspek kognitif strategi yang dimiliki masing-masing guru sangat diperlukan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, strategi yang diberikan pun bermacam-macam sesuai materi pembelajaran yang tercantum dalam RPP Kurikulum 2013.Dan penyampaian materipun selalu dikaitkan dengan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Aspek afektif strategi guru salah satunya menggunakan metode diskusi atau kelompok serta pemberian tugas tindakan sosial yang berhubungan dengan akhlakul karimah. Sebagai guru agamapun bertindak langsung dalam menangani permasalahan peserta didik dengan dibantu guru yang lain. Aspek psikomotorik strategi guru dengan memberikan soal tertulis kepada peserta didik dan diakhir pembelajaran diadakannya kegiatan evaluasi dengan cara guru menunjuk salah satu siswa maju kedepan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guruSelain itu sekolah juga mengadakan kegiatan sholat berjamaah dan kegiatan pondok Romadhon yang bertujuan untuk menambah wawasan keislaman peserta didik dan mengurangi akhlak yang kurang baik peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153245 ZAHROH TRISNA DWI LIAM
Date Deposited: 17 Dec 2019 04:42
Last Modified: 17 Dec 2019 04:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14129

Actions (login required)

View Item View Item