PROSES BERFIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEJARAH DI MADRASAH ALIYAH DARUL HUDA

PUTRI RACHMI SHOLIKHA PASARIBU, 17209153024 (2020) PROSES BERFIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEJARAH DI MADRASAH ALIYAH DARUL HUDA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “PROSES BERFIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEJARAH DI MA DARUL HUDA” ini ditulis oleh Putri Rachmi Sholikha Pasaribu, NIM. 17209153024, pembimbing Dr Ummu Sholihah, MSi. Kata kunci : Proses, Berfikir, Kreatif, Siswa, Dalam menyelesaikan masalah sejarah. Berfikir kreatif dipandang sebagai suatu proses yang di gunakan ketika seorang individu mendatangkan atau memunculkan suatu ide baru. Fenomena bahwa kreativitas siswa dalam pembelajaran sejarah merupakan suatu hal yang kurang diperhatikan. Selama ini guru hanya mengutamakan membaca dan bercerita sehingga kreativitas dianggap bukanlah sesuatu yang penting dalam proses belajar mengajar di dalam kelas, padahal dalam kaitannya menyelesaikan masalah sejarah, diperlukan pemikiran dan gagasan yang kreatif dalam menyelesaikan masalah sejarah serta menafsirkan solusi dari suatu masalah sejarah. Pemikiran dan gagasan yang kreatif tersebut akan muncul dan berkembang jika proses pembelajaran sejarah di dalam kelas menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kreatifitas siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan searah kelas X MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif lokasi penelitian adalah MA Darul Huda wonodadi Blitar, dengan subyek penelitian 20 siswa. Tingkat berfikir kreatif siswa, data yang diperoleh berupa data tes tertulis, wawancara, data observasi, dan. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan berfikir kreatif siswa wawancara digunakan untuk mengetahui secara mendalam proses berfikir siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa; tingkat kreatif siswa pada TBK 1 sebanyak 12 siswa TBK 2 sebanyak 6 anak TBK 3 sebanyak 2 anak TBK 4 masih belum ada yang memenuhi, sementara untuk TBK 0 peneliti abaikan karena pada tingkat ini peserta didik dianggap tidak memiliki kreatifitas apa-apa dengan beranggapan bahwa setiap subjek memiliki kreatifvitas yang berbeda-beda. Secara garis besar tingkat kreativitas siswa di MA Darul Huda kelas X, berada pada tahap fasih dan hanya mencapai pada TBK 3.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209153024 PUTRI RACHMI SHOLIKHA PASARIBU
Date Deposited: 28 Jan 2020 07:02
Last Modified: 28 Jan 2020 07:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14408

Actions (login required)

View Item View Item