SITI ANNISAA'UL KARIIMAH, 17208163093 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS VIII DI MTSN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (435kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (646kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (903kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (528kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (484kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (194kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (307kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajarab Concept Attainment terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Annisaa’ul Kariimah, NIM. 17208163093, pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci : Concept Attainment, Aktivitas, Hasil Belajar. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa didalam kelas yang kurang optimal. Hal ini disebabkan karena adanya proses pembelajaran yang monoton membuat siswa bosan ataupun tidak tertarik dalam permbelajaran. Sehingga mengakibatkan siswa kurang semangat dalam beraktivitas belajar sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlunya suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini model pembelajaran concept attainment dapat digunakan dalam pembelajaran karena dapat melatih konsep berfikir siswa dengan menghubungkan kerangka yan ada, dan menghasilkan pemahaman materi yang lebih mendalam, sehingga siswa mempunyai parameter dalam mencapai tujuan pembelajaran Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran concept attainment terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Biologi materi sistem peredaran darah, 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran concept attainment terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi materi sistem peredaran darah, dan 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran concept attainment terhadap hubungan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi materi sistem peredaran darah kelas VIII MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen design (Nonequivalent Control Group Design). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTsN 1 Tulungagung yang berjumlah 60 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-8 (kelas eksperimen) dan kelas VIII-7 (kelas kontrol). Metode data yaitu berupa : lembar observasi, soal tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik Uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh model pembelajaran concept attainment terhadap aktivitas belajar siswa. Terbukti dengan nilai Sig 0,000 < 0,05 dengan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 102,97 dan kelas kontrol sebesar 63.67. 2) Ada pengaruh model pembelajaran concept attainment terhadap hasil belajar siswa. Terbukti dengan nilai Sig 0,004 < 0,05 dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 79,83 dan kelas kontrol sebesar 71,00. 3) Ada pengaruh model pembelajaran concept attainment terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Terbukti dari hasil uji MANOVA sebesar 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 17208163093 SITI ANNISAA'UL KARIIMAH |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 04:39 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 04:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14700 |
Actions (login required)
View Item |