ULFA RUSSYANA ALIM, 17201163188 (2020) PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII MTS SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
Cover..pdf Download (652kB) |
||
Text
Abstrak..pdf Download (219kB) |
||
|
Text
Daftar Isi..pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I..pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II..pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III..pdf Download (202kB) | Preview |
|
Text
Bab IV..pdf Download (362kB) |
||
|
Text
Ban V..pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
Bab VI..pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Rujukan..pdf Download (175kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi dan Kedisplinan terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Ulfa Russyana Alim, NIM. 17201163188, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dosen pembimbing Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I., NIP. 19770724 200312 1 006. Kata Kunci: Motivasi, Kedisiplinan, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung bahwa motivasi dan kedisiplinan belajar beberapa siswa yang masih kurang baik. Diketahui pula bahwa motivasi dan kedisiplinan belajar merupakan dua faktor yang dapat mempengaruhi pencapaian prestasi belajar siswa. Setiap siswa memiliki motivasi dan kedisiplinan belajar yang berbeda-beda ketika berada di dalam kelas maupun di luar. Sementara itu dalam lembaga pendidikan tingkat pencapain prestasi belajar dapat dilihat dari prestasi belajar yang dicapai oleh siswa. Salah satu prestasi belajar yang dicapai adalah pada mata pelajaran Fikih. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada Mata Pelajaran Fikih kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung? (2) Adakah pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar pada Mata Pelajaran Fikih kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung? (3) Adakah pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada Mata Pelajaran Fikih kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran fikih kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran fikih kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung. (3) Untuk menjelaskan pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar secara bersama terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran fikih kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi para guru dan kepala MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi para guru MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung supaya lebih giat lagi dalam mendorong dan meningkatkan motivasi dan kedisiplinan siswa, bagi para siswa MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung supaya lebih semangat lagi dalam belajar dan meningkatkan kedisiplinan belajar. Bagi para pembaca atau peneliti lain sebgai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini digunakan metode angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi dan kedisiplinan belajar siswa MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel dan profil madrasah Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung. Hasil analisis diperoleh nilai Sig. motivasi belajar 0,047 itu artinya kurang dari α 0,05 atau bisa ditulis dengan nilai Sig. 0,047 < α 0,05. Maka, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung. Hasil analisis diperoleh nilai Sig. kedisiplinan belajar 0,00 itu artinya kurang dari α 0,05 atau bisa ditulis dengan nilai Sig. 0.00 < 0.05. Maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung. Hasil analisis diperoleh nilai Sig. 0.019 itu artinya kurang dari α 0,05 atau bisa ditulis dengan nilai Sig. 0.019 < α 0.05. Maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Skripsi 17201163188 Ulfa Russyana Alim |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 04:05 |
Last Modified: | 25 Mar 2020 08:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14716 |
Actions (login required)
View Item |