RISANTIKA HAINUN NISA, 17206163063 (2020) UPAYA MENINGKAKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK MUSLIMAT NU KHADIJAH 1 NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (237kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (499kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (251kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (627kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (122kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (210kB) | Preview |
Abstract
Penelitian skripsi ini dilatar belakanngi oleh belum maksimalnya perkembangankemampua motorik halus anak. Karena pembelajaran motorik halus selama inikurang menarik dan monoton. Dalam meningkatkan kemampuan motorik halusguru harus kretaif dan inovatif oleh karena itu guru mencoba dengan menggunakan kegiatan menggunting dan menempel untuk variasi dalam pembelajaran. Fokus yang ditelaah dalam penelitian ini adalah motorik halus anak usia dini di TK Muslimat NU Khadijah 1 Nganjuk dengan pertanyaan fokus, yaitu: (1.) Bagaimana Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak melalui kegiatan menggunting Kelompok B Di Tk Muslimat NU Khadijah 1 Nganjuk ? (2.)Bagaimana Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak melalui kegiatan menempel Kelompok B Di Tk Muslimat NU Khadijah 1 Nganjuk?. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak melalui kegiatan menggunting dan menempel Kelompok B Di Tk Muslimat NU Khadijah 1 Nganjuk Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Subjekpenelitian meliputi guru kelas, kepala yayasan, anak didik . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam , observasi partisipan dandokumentasi. Analisis data dimulai dengan pengumpulan data, penyajian datamentah, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, verifikasi data sertasimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi data, ketekunan pengamat , serta diskusidengan teman sejawat. Hasil penelitian mengungkapkann bahwa (1.) Perkembangan motorik halus anak di TK Muslimat NU Khadijah Nganjuk sudah berkembang sesuai dengan tahapan perkembangan motorik halus untuk anak, (2) kegiatan menggunting berperan penting untuk meningkatkan motorik halus anak usia dini ,karena kegiatan menggunting yang dimulai dengan menggunting sederhana hingga menggunting ke arah yang lebih kompleks akan melatih anak menggerakan jari jemarinya supaya lebih terampil, (3) kegiatan menempel juga berperan penting untuk meningkatkan motorik halus anak usia dini ,karena kegiatan mnempel akan melatih anak menggerakan jari jemarinya supaya lebih terampil , lebih teliti, lebih luwes ,ketika harus menempel dengan rapi dan baik
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | RISANTIKA HAINUN NISA 17206163063 |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 02:58 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 02:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15924 |
Actions (login required)
View Item |