EMY JAYANTI, 17204163128 (2020) DISPOSISI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS X MA DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (703kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (523kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (266kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (535kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (709kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Disposisi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas X MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Emy Jayanti, NIM. 17204163128, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Disposisi Matematis, Kemampuan Matematika. Dalam tujuan pembelajaran matematika tercantum bahwa salah satu hal yang harus dikembangkan dalam proses pembelajaran adalah ranah afektif (sikap). Sikap yang dimaksud dalam penelitian ini adalah sikap positif terhadap matematika seperti sikap menghargai matematika, sikap rasa ingin tahu, perhatian, minat, serta sikap ulet dan percaya diri dalam belajar matematika atau disebut dengan disposisi matematis. Namun faktanya banyak siswa yang belum memiliki sikap positif terhadap matematika. Siswa merasa kurang percaya diri dalam mengerjakan soal, kurang tertarik dengan pembelajaran matematika, dan mengeluh saat mengerjakan soal matematika yang terlalu panjang. Padahal sikap positif terhadap matematika penting untuk dimiliki seorang siswa karena berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan disposisi matematis siswa kelas X MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung yang memiliki kemampuan matematika tinggi, kemampuan matematika sedang, dan kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, tes dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian yang diambil ada enam siswa kelas X MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung yaitu dua siswa dengan kemampuan matematika tinggi, dua siswa dengan kemampuan matematika sedang dan dua siswa dengan kemampuan matematika rendah. Hasil penelitian menunjukkan (1) Siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu memunculkan empat indikator disposisi matematis dari tujuh indikator disposisi matematis diantaranya sikap fleksibel, refleksi, menilai aplikasi matematika dan mengapresiasi peran matematika. (2) Siswa dengan kemampuan matematika sedang mampu memunculkan empat indikator disposisi matematis diantaranya rasa percaya diri, sikap fleksibel, bertekad kuat, dan refleksi. (3) Siswa dengan kemampuan matematika rendah mampu memunculkan dua indikator disposisi matematis diantaranya sikap fleksibel dan refleksi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | EMY JAYANTI 17204163128 |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 03:41 |
Last Modified: | 31 May 2021 04:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16000 |
Actions (login required)
View Item |