PENGARUH MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII di SMPN 1 NGUNUT TAHUN AJARAN 2019/2020

ANDIRA ARLINTAWATI, 17204163002 (2020) PENGARUH MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII di SMPN 1 NGUNUT TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)

Abstract

ABSTRAK Sekripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi dan Pemahaman Konseptual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Andira Arlintawati (17204163002) Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, di bimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Pemahaman Konseptual, Hasil Belajar Arimetika Sosial. Proses pembelajaran matematika membutuhkan motivasi yang tinggi, karena dapat meningkatkan minat, kemampuan dan semangat yang tinggi dalam belajar. Motivasi belajar adalah suatu perubahan di dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Selain motivasi dalam proses belajar pemahaman konseptual juga sangat dibutuhkan. Pemahaman konseptual adalah kemampuan siswa dalam memahami suatu konsep matematika yang meliputi kemampuan menerjemahkan, mengidentifikasi, dan mengembangkan makna yang telah diketahui. Motivasi dan pemahaman konseptual dapat berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk menguji pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa pada materi Aritmetika Sosial di SMP Negeri 1 Ngunut (2) untuk menguji pengaruh pemahaman konseptual terhadap hasil belajar siswa pada materi Aritmetika Sosial di SMP Negeri 1 Ngunut dan (3) untuk menguji pengaruh motivasi dan pemahaman konseptual terhadap hasil belajar siswa pada materi Aritmetika Sosial di SMP Negeri 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penetian asosiatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar, tes kemampuan pemahaman konseptual, dan tes hasil belajar. Tehnik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar di SMPN 1 Ngunut (2) ada pengaruh pemahaman konseptual terhadap hasil belajar di SMPN 1 Ngunut dan (3) ada pengaruh motivasi dan pemahaman konseptual terhadap hasil belajar di SMPN 1 Ngunut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163002 ANDIRA ARLINTAWATI
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:24
Last Modified: 11 Sep 2020 02:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16388

Actions (login required)

View Item View Item