MUCHAMMAD FIKRI ATTAMAMI, 17204163283 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII DI MTS NEGERI 3 KABUPATEN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (326kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (247kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (465kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (321kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (245kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul ”Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kleas VIII di MTsN 3 Kabupaten Kediri” ini ditulis oleh Much.Fikri Attamami, NIM 17204163283, dibimbing oleh Nur Cholis, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Quantum Teaching, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII di MTsN 3 Kabupaten Kediri. Kajian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa yang kuirang optimal dan kurang aktifnya peran siswa dalam proses pembelajaran sehingga pemahaman siswa terbatas. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan kinier dua variabel kelas VIII MTsN 3 Kabupaten Kediri, 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan kinier dua variabel kelas VIII MTsN 3 Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah Quasi Eksperimental Designs atau desain eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun ajaran 2019/2020 di MTsN 3 Kabupaten Kediri yang berjumlah 342 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik purpose sampling, dengan sampel siswa kelas VIII-H yang berjumlah 34 siswa dan kelas VIII-I yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes berbentuk uraian sebanyak 4 soal. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t pada taraf α= 0,05 dengan bantuan SPSS version 25. Hasil penelitian yang diperoleh : 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII di MTsN 3 Kabupaten Kediri yang diperoleh nilai Sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05 ; 2) Besar pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII di MTsN 3 Kabupaten Kediri diperoleh (d) = 1,53 dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s adalah 93,3% yang tergolong tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163283 MUCHAMMAD FIKRI ATTAMAMI |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 04:54 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 04:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16593 |
Actions (login required)
View Item |