PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII DI MTS NEGERI 3 KABUPATEN

MUCHAMMAD FIKRI ATTAMAMI, 17204163283 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII DI MTS NEGERI 3 KABUPATEN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (465kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (245kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul ”Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kleas VIII di MTsN 3 Kabupaten Kediri” ini ditulis oleh Much.Fikri Attamami, NIM 17204163283, dibimbing oleh Nur Cholis, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Quantum Teaching, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII di MTsN 3 Kabupaten Kediri. Kajian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa yang kuirang optimal dan kurang aktifnya peran siswa dalam proses pembelajaran sehingga pemahaman siswa terbatas. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan kinier dua variabel kelas VIII MTsN 3 Kabupaten Kediri, 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan kinier dua variabel kelas VIII MTsN 3 Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah Quasi Eksperimental Designs atau desain eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun ajaran 2019/2020 di MTsN 3 Kabupaten Kediri yang berjumlah 342 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik purpose sampling, dengan sampel siswa kelas VIII-H yang berjumlah 34 siswa dan kelas VIII-I yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes berbentuk uraian sebanyak 4 soal. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t pada taraf α= 0,05 dengan bantuan SPSS version 25. Hasil penelitian yang diperoleh : 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII di MTsN 3 Kabupaten Kediri yang diperoleh nilai Sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05 ; 2) Besar pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII di MTsN 3 Kabupaten Kediri diperoleh (d) = 1,53 dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s adalah 93,3% yang tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163283 MUCHAMMAD FIKRI ATTAMAMI
Date Deposited: 22 Sep 2020 04:54
Last Modified: 22 Sep 2020 04:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16593

Actions (login required)

View Item View Item