WILUJENG LUTFI RIZQONA, 17201163301 (2020) PERAN TRIPUSAT PENDIDIKAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTS DARUNNAJAH KEBONAGUNG SAWAHAN NGANJUK SKRIPSI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (732kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (930kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (14MB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (959kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (14MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Wilujeng Lutfi Rizqona. NIM 17201163301. Peran Tripusat Pendidikan dalam Membentuk Karakter Religius Peserta didik di MTs Darunnajah Kebonagung Sawahan Nganjuk. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Muhamad Zaini, MA. Kata Kunci: Tripusat Pendidikan, Karakter Religius Problematika yang dihadapi pendidikan saat ini adalah kemajuan dan perkembangan teknologi yang tidak dibarengi dengan perkembangan karakter. Beberapa penelitian juga menunjukkan rendahnya karakter religius yang dimiliki peserta didik. Dengan adanya peran tripusat pendidikan sebagai solusi untuk menghadapi permasalahan tersebut. MTs Darunnajah Kebonagung Sawahan Nganjuk melihat bahwa ketiga peran lingkungan tersebut sangat penting dalam pembentukan karakter religius. Sehingga dengan adanya kontribusi dan kerja sama dari tripusat pendidikan akan terbentuk karakter religius peserta didik, Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran lingkungan keluarga dalam membentuk karakter religius pesera didik di MTs Darunnajah Kebonagung Sawahan Nganjuk? (2) Bagaimana peran lingkungan sekolah dalam membentuk karakter religius pesera didik di MTs Darunnajah Kebonagung Sawahan Nganjuk? (3) Bagaimana peran lingkungan masyarakat dalam membentuk karakter religius pesera didik di MTs Darunnajah Kebonagung Sawahan Nganjuk?. Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran lingkungan keluarga dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTs Darunnajah Kebonagung Sawahan Nganjuk (2) Untuk mendeskripsikan peran lingkungan sekolah dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTs Darunnajah Kebonagung Sawahan Nganjuk (3) Untuk mendeskripsikan peran lingkungan masyarakat dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTs Darunnajah Kebonagung Sawahan Nganjuk. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah studi kasus. Sumber data MTs Darunnajah Kebonagung Sawahan Nganjuk, kepala sekolah, orang tua, tokoh agama dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan peipanjangan keikutsertaan, ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian. Pertama, peran lingkungan keluarga dalam membentuk karakter religius peserta didik sebagai pendidik, sebagai teladan dan sebagai pengawas. Kedua, peran lingkungan sekolah dalam membentuk karakter religius peserta didik sebagai pembimbing, sebagai teladan dan sebagai penasehat. Ketiga, peran lingkungan masyarakat dalam membentuk karakter religius peserta didik sebagai fasilitator dan sebagai teladan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163301 WILUJENG LUTFI RIZQONA |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 08:23 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 08:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17081 |
Actions (login required)
View Item |