HANI FARA DILA SARI, 17204163118 (2020) METAKOGNISI SISWA DENGAN GAYA BELAJAR INTROVERT DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (769kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (493kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (425kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (397kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (10kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (339kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Metakognisi Siswa dengan Gaya Belajar Introvert dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Hani Fara Dila Sari, NIM. 17204163118, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguaruan, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Metakognisi, Gaya Belajar Siswa, Masalah Matematika Kemampuan berpikir yang dimiliki setiap siswa tentunya berbeda-beda. Untuk memperoleh dan mengolah informasi tentang pengetahuan kemampuan berpikir yang digunakanpun berbeda-beda, diantaranya yaitu pengetahuan metakognisi. Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, salah satu gaya belajar yang dibedakan dari tipe kepribadiannya yaitu gaya belajar introvert. Dalam hal ini perlu adanya penelitian terkait kemampuan metakognisi yang dimiliki oleh siswa dengan gaya belajar introvert. Fokus penelitian ini adalah bagaimana metakognisi siswa dengan gaya belajar introvert dalam memecahkan masalah matematika pada materi himpunan di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metakognisi siswa dengan gaya belajar introvert dalam memecahkan masalah matematika pada materi himpunan di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu siswa sebagai subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan angket gaya belajar, tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Siswa dengan gaya belajar introvert telah memenuhi indikator metakognisi pada pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil penyelesaian soal pemecahan masalah dan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa secara umum kesulitan yang dialami siswa dengan gaya belajar introvert dalam menyelesaiakn masalah matematika pada materi himpunan yaitu dalam penggunaan simbol dan pemodelan matematika pada proses penyelesaian dari masalah. Oleh karena itu dalam kegiatan pembelajaran guru lebih bisa meningkatkan kreativitas siswa dan juga kemampuan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163118 HAN FARA DILA SARI |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 02:56 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 02:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17145 |
Actions (login required)
View Item |