IMPLEMENTASI MEDIA GAMBAR DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK MARDI SUNU TANJUNGSARI BOYOLANGU TULUNGAGUNG.

SITI AZIZAH, 17206163039 (2020) IMPLEMENTASI MEDIA GAMBAR DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK MARDI SUNU TANJUNGSARI BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Implementasi Media Gambar Dalam Perkembangan Bahasa Pada Keterampilan Membaca Dan Menulis Anak Kelompok B Di Tk Mardi Sunu Tanjungsari Boyolangu Tulungagung”. Disusun oleh Siti Azizah NIM : 17206163039, dari Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh bapak M. Ridho Al- Qodri Sri Utomo, M.A. Kata kunci : Media Gambar, Bahasa, Membaca dan Menulis. Penelitian ini dilatar belakangi dari pengunaan media gambar oleh pendidik saat proses pembelajaran berlangsung, bu diyah selaku guru kelas mengatakan bahwa media gambar adalah media yang harus di gunakan saat pembelajaran jika tidak dapat mendatangkan benda aslinya. Media gambar juga membuat proses pembelajaran menjadi aktif dan efektif. Selain itu media gambar juga membantu anak dalam perkembangan keterampilan membaca dan menulisnya dimana kedua keterampilan ini merupakan keterampilan dalam perkembangan bahasa dan kedua keterampilan ini dibutuhkan saat melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Adapun yang menjadi focus dalam penelitian ini yaitu : 1) bagaimana perencanaan pembelajaran 2) Faktor apakah yang mempengaruhi perkembangan bahasa pada keterampilan membaca dan menulis anak kelompok B di TK Mardi Sunu Tanjungsari Boyolangu Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mendeskripsikan implementasi media gambar dalam perkembangan bahasa pada keterampilan membaca dan menulis anak kelompok B di TK Mardi Sunu Tanjungsari Boyolangu Tulungagung, 2) untuk mendeskripsikan faktor apa sajakah yang mempengaruhi perkembangan bahasa pada keterampilan membaca dan menulis anak kelompok B di TK Mardi Sunu Tanjungsari Boyolangu Tulungagung. Penelitianini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, metode pegumpulan data yang digunakan diantaranya : wawancara observasi dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disampaikan bahwa : pertama, media gambar membantu guru dalam perencanaan pembelajaran menggunakan media gambar dalam penyusunana RPP, pemilihan materi pembelajaran, dan menyiapkan media yang akan digunakan selain itu media gambar juga membantu dalam pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan awal, inti dan akhir saat pembelajaran berlangsung. Kedua, pada perkembangan bahasa khususnya keterampilan membaca dan menulis memiliki beberapa faktor yang mempengaruhi oleh keturunan, pembentukan dari lingkungan, minat, kematangan, kemampuan mengingat, kemampuan menalar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206163039 SITI AZIZAH
Date Deposited: 16 Nov 2020 04:37
Last Modified: 16 Nov 2020 04:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17214

Actions (login required)

View Item View Item