MUHAMAD FUAD ASNAWI, 17201163227 (2020) PENGEMBANGAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DI PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (929kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (929kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (929kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (929kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (929kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (929kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (929kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (929kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (929kB) |
Abstract
ABSTRAK Muhamad Fuad Asnawi, NIM: 17201163227. 2020. Pengembangan Karakter Tanggung Jawab di Pondok Pesantren Panggung Putra Tulungagung. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Abdullah Chakim, S.Ag. M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Karakter Tanggung Jawab. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan akhlak di Pesantren. Adapun akhlak yang ditanamkan dalam pesantren adalah karakter tanggung jawab. Penanaman sikap tanggung jawab dipondok pesantren tidak terlepas dari pembiasaan yang dilakukan pondok pesantren melalui kegiatan para santri. Maka berdasarkan melihat fenomena di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang difokuskan pada Pengembangan Karakter Tanggung Jawab di Pondok Pesantren Panggung Putra Tulungagung. Tujuan penelitian: (1) Untuk mendiskripsikan proses pengembangan karakter tanggung jawab di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung. (2) Untuk mendiskripsikan hambatan dalam mengembangkan karakter tanggung jawab di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung. (3) Untuk mendiskripsikan implementasi pengembangan karakter tanggung jawab santri di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi serta analisis data yang digunakan yaitu:(1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsaan data yang digunakan yaitu: (1) Triagulasi meliputi (2) Menggunakan bahan referensi, (3) Pengecekan. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Proses Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Santri Pondok Pesantren Panggung Tulungagung sebagai berikut : a) Pembelajaran, b) Pembiasaan, c) Penegakkan aturan atau hukuman. (2) Hambatan Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Santri Pondok Pesantren Panggung, yaitu: a) Latar belakang pendidikan santri sebelumnya sangat variatif, b) Latar belakang keluarga santri yang berbeda-beda, c) Kurangnya kesadaran santri tentang pendidikan karakter tanggung jawab. Implementasi Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Santri Pondok Pesantren Panggung antara lain : a) Santri meningkatkan karakter tanggung jawab melalui pembiasaan kegiatan di pondok pesantren, b) Meningkatkan karakter tanggung jawab santri melalui keteladanan, c) Dari hasil pembelajaran maupun praktek pengembangan karakter tanggung jawab diharapkan santri mampu menerapkannya di lingkungan pesantren dan dilingkungan masyarakat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 17201163227 MUHAMAD FUAD ASNAWI |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 08:23 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 03:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17564 |
Actions (login required)
View Item |