ALI MASKUR, 17201163014 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (951kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (324kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (431kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (295kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning Tipe Jigsaw Terhadap Motifasi Dan Hasil Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Kelas VII di MTs AL Ma’arif Tulungagung.” ini ditulis oleh Ali Maskur, NIM. 17201163014, pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata kunci: Model Pembelajaran Active learning, Motifasi Belajar, dan Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi karena adanya guru yang belum menggunakan model pembelajaran yang efektif sehingga kurangnya motivasi dan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlaq. Karena kurangnya motivasi peserta didik mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah Seharusnya guru menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan efektif agar motivasi dan hasil belajar akidah akhlaq peserta didik meningkat. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran Active Learning Tipe Jigsaw yang merupakan model pembelajaran yang dapat melibatkan seluruh peserta didik dalam belajar sekaligus mengajarkan pada orang lain, Metode ini mendorong kerja sama dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran active learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajran aqidah akhlaq kelas VII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. (2) pengaruh model pembelajaran active learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajran aqidh akhlaq kelas VII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-A sebagai kelas kontrol. Sampel berjumlah 68 siswa Teknik pengumpulan data menggunakan (1) Angket minat belajar peserta didik, (2) Tes hasil belajar peserta didik, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Pairet sample T tes, uji Independent sample T tes, uji N-gain score, dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran active learning cukup efektif meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajran aqidah akhlaq kelas VII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Hal ini terbukti berdasarkan berdasarkan uji independent sample T tes dengan Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. uji N-gain nilai yang diperoleh sebesar 64,16% sedangkan berdasarkan uji effect size nilai efektivitasnya sebesar 0,196. (2) model pembelajaran active learning cukup efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajran aqidah akhlaq kelas VII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Hal ini terbukti berdasarkan berdasarkan uji independent sample T tes dengan Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. uji N-gain nilai yang diperoleh sebesar 52,97% sedangkan berdasarkan uji effect size nilai efektivitasnya sebesar 0,397.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163014 ALI MASKUR |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 06:54 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 03:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17660 |
Actions (login required)
View Item |