ILMA NAFIAH, 17201163175 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS VII DI MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skrpsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada mata pelajaran SKI kelas VII di MTs Al Ma’arif Tungagung” ini ditulis oleh Ilma Nafiah, NIM. 17201163175, pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata kunci : Teams Games Tournament (TGT), Motivasi, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh persepsi siswa bahwa pelajaran SKI itu pelajaran yang membosankan, sehingga pembelajaran berlangsung membuat peserta didik merasa ramai sendiri saat guru menjelaskan materi. Hal ini yang menjadi penyebab menurunnya motivasi peserta didik dan mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran yang dapat merubah persepsi peserta didik tentang mata pelajaran SKI dan dapat berperan aktif dalam proses belajar mengajar di kelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik lebih aktif, dan menyenangkan adalah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Model pembelajaran ini juga membuat siswa lebih rileks karena adanya permainan dalam pembelajaran. Adapun rumusan masalah: (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs Al Ma’arif Tulungagung?, (2) Adakah pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs Al Ma’arif Tulungagung?, (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs Al Ma’arif Tulungagung? Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik sample random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-A sebagai kelas kontrol. Sampel berjumlah 69 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) Angket motivasi belajar, (2) Tes hasil belajar peserta didik, dan (3) Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs Al Ma’arif Tulungagung. (2)Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs Al Ma’arif Tulungagung, (3)Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs Al Ma’arif Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163175 ILMA NAFIAH |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 06:44 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 03:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17667 |
Actions (login required)
View Item |