FIFI YUNI KUSUMAWATI, 17201163200 (2020) PENGARUH VARIASI STRATEGI PEMBELAJARAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (626kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (686kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (611kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (468kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (340kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Variasi Strategi Pembelajaran Guru Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Peserta Didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Fifi Yuni Kusumawati, NIM. 17201163200, pembimbing Saiful Bahri, S.Ag., M.Pd.I. Kata kunci: Variasi Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh begitu pentingnya pendidikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia dalam kehidupannya. Keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar banyak sekali dipengaruhi oleh berbagai faktor baik faktor intern maupun faktor ekstern. Faktor intern sendiri seperti kurang adanya motivasi untuk belajar pada diri peserta didik dengan kata lain malas untuk belajar dan faktor eksternnya yaitu kurang lebih dipengaruhi oleh strategi pembelajaran guru yang monoton dan menimbulkan kebosanan pada peserta didik, yaitu dengan kata lain bahwa kesesuain guru dalam menentukan variasi strategi pembelajaran menuntut kemungkinan atas tercapainya tujuan dari pembelajaran. Sehingga variasi strategi pembelajaran yang diterapkan guru dapat menentukan motivasi belajar dan hasil akhir dari pembelajaran tersebut. Berangkat dari pengertian diatas maka penelitian ini mengambil judul Pengaruh Variasi Strategi Pembelajaran Guru terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Peserta Didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini,1) Adakah pengaruh variasi strategi pembelajaran guru terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? 2) Adakah Pengaruh variasi strategi pembelajaran guru terhadap prestasi belajar peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? 3) Adakah Pengaruh variasi strategi pembelajaran guru terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung, sebagai bahan masukan dalam mempertimbangkan keputusan untuk mengadakan pembinaan dan peningkatan kemampuan guru, bagi para guru MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung sebagai bahan masukan akan arti penting pengaruh variasi strategi pembelajaran yang diterapkan terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar peserta didik, bagi peneliti sebagai penambah wawasan mengenai kemmpuan guru dalam mengadakan variasi strategi pembelajaran, dan bagi perpustakaan IAIN Tulungagung sebagai bahan perbendaharaan perpustakaan untuk melengkapi buku-buku bahan diskusi atau menambah literatur di bindang pendidikan terkait dengan variasi strategi pembelajaran guru. Metode penelitian, penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, populasinya seluruh siswa kelas IX MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung, sampelnya 95 orang, teknik samplingnya menggunakan Propotionate Stratified Random Sampling, variabel penelitiannya adalah independent variabel dan dependent variabel, teknik dan instrumen pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi.Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan regresi berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian: 1) Berdasarkan hasil penelitian, Nilai F hitung> F table yaitu 3,930 > 2,32 dengan taraf signifikan 0,065 < 0,05 itu berarti ada pengaruh yang signifikan antara variasi strategi pembelajaran guru dengan motivasi belajar peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung dengan pengaruh sebesar 4,3%. 2) Nilai F hitung> F table yaitu 3,666 > 2,32 dengan taraf signifikan 0,058 < 0,05 itu berarti ada pengaruh yang signifikan antara variasi strategi pembalajar guru dengan prestasi belajar peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung dengan pengaruh sebesar 4,5%. 3) Nilai F hitung> F table yaitu 4,366 > 2,32 dengan taraf signifikan 0,025 < 0,05 itu berarti ada pengaruh yang signifikan antara variasi strategi pembelajaran guru dengan motivasi belajar dan prestasi belajar peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung dengan pengaruh sebesar 8,7%. Berdasarkan hasil dari penelitian, adanya pengaruh yang signifikan antara variasi strategi pembelajaran guru terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar, disarankan bagi para guru untuk senantiasa mengembangkan variasi strategi pembelajaran dan untuk selalu memberikan motivasi belajar kepada peserta didik. disarankan pula untuk peserta didik agar meningkatkan kembali motivasi belajar yang ada pada dirinya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163200 FIFI YUNI KUSUMAWATI |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 08:02 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 03:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17704 |
Actions (login required)
View Item |