RAFI LUTFI ARFA’I, 17201163250 (2020) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL QUR’AN SISWA DI SMP AL KAMAL KUNIR WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (135kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (171kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (273kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul“Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al Qur’an Siswa di SMP Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Rafi Lutfi Arfa’i, NIM. 17201163250, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata 1 Institut Agama Islam Tulungagung, yang dibimbing oleh Mustafa,S.S, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Kualitas Membaca Al Qur’an. Peneliti memilih lokasi penelitian di SMP Al Kamal karena lembaga tersebut lebih menekankan di bidang keagamaan. Bukan hanya mata pelajaran PAI saja, akan tetapi terdapat mata pelajaran Fiqih, Ski, Al Qur’an Hadis, Akidah Akhlaq karena umumnya sekolahan tingkat SMP mata pelajaran keagamaan hanya ada PAI saja. Maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di SMP Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar secara mendalam tentang strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas membaca Al Qur’an siswa di SMP Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mendiskripsikan strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas membaca Al Qur’an siswa SMP Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar. (2) Untuk mendiskripsikan hambatan strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas membaca Al Qur’an siswa SMP Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar. (3) Untuk mendiskripsikan strategi dampak strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas membaca Al Qur’an siswa SMP Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi. Hasil penelitian ini, adalah: (1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an siswa di SMP Al Kamal Kunir Wondadi adalah dengan menggunakan metode ceramah, metode latihan dan metode tanya jawab dalam pembelajaran. (2) Hambatan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an siswa di SMP Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar adalah: a) Latar belakang pendidikan siswa yang berasal dari lulusan SD bukan semua dari MI. Sehingga belum memiliki dasar membaca Al Qur’an. b) Kurang memiliki minat untuk membaca Al-Qur’an. c) Sering mengoperasikan HP, yang tidak bermanfaat. d) Tidak adanya rasa tanggung jawab untuk belajar ilmu Al-Qur’an, e) Tidak adanya dorongan dari lingkungan keluarga untuk mempelajari Al-Qur’an. f) Sedikitnya waktu dalam pembelajaran Al-Qur’an. (3) Dampak strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an siswa di SMP Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar adalah: a) Perilaku siswa berubah kearah yang positif (baik). b)Siswa menjadi paham tentang ilmu tajwid. c) Berkurangnya kenakalan murid disekolah karena mengamalkan isi kandungan Al Qur’an.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163250 RAFI LUTFI ARFA’I |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 07:11 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 02:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17728 |
Actions (login required)
View Item |