BELLA RAHMA DHANI, 17306163066 (2020) EFEKTIFITAS TEKNIK REINFORCEMENT POSITIVE UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA SMK ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG SKRIPSI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (506kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (582kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (532kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (789kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (293kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) |
Abstract
Abstrak Bella Rahma Dhani, NIM 17306163066, Efektifitas Teknik Reinforcement Positive Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa SMK Islam Al Azhaar Tulungagung. Skripsi, Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Progam Sarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Germino Wahyu Broto, M. Si. Kata Kunci: Reinforcement Positive, Perilaku Membolos. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Teknik reinforcement positive untuk mengurangi perilaku membolos siswa SMK Islam Al Azhaar Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalen control group design pretest posttest group design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 12 siswa yang memiliki tingkat perilaku membolos tinggi, kemudian dibagi menjadi 6 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 6 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengukuran tingkat perilaku membolos siswa menggunakan uji independent samples test, hasil yang di peroleh yaitu nilai t hitung diketahui sebesar 10.767 dengan df 10 diketahui nilai t tabel sebesar 2.228, serta diketahui bahwa nilai mean kelompok eksperimen sebesar 71.50 dan nilai mean kelompok kontrol sebesar 121.50 yang menunjukan terjadinya penurunan sesudah diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen. Adapun dari hasil perhitungan menggunakan N-Gain Score untuk kelompok eksperimen 193.9581% > 76% termasuk dalam kategori efektif. Sementara untuk rata-rata N-Gain Score kelompok kontrol adalah sebesar 25.1226% < 40% termasuk dalam katergori tidak efektif. Sehingga dapat di katakan bahwa layanan dengan teknik reinforcement positive efektif untuk mengurangi perilaku membolos siswa. Berdasarkan temuan penelitian, nilai rata-rata kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan mengalami penurunan perilaku membolos. Sehingga dapat dikatakan bahwa layanan dengan teknik reinforcement positive efektif dalam mengurangi perilaku membolos siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 17306163066 BELLA RAHMA DHANI |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 07:20 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 07:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17850 |
Actions (login required)
View Item |