STRATEGI PEMASARAN BUNGA 0% DALAM PENJUALAN TELEPON SELULER SECARA ANGSURAN DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Aplikasi Home Credit Di BRP Celluler Tulungagung)

RAHAJENG MUFIDA DEWI, 12101173052 (2020) STRATEGI PEMASARAN BUNGA 0% DALAM PENJUALAN TELEPON SELULER SECARA ANGSURAN DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Aplikasi Home Credit Di BRP Celluler Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (587kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (382kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (677kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstract

ABSTRAK Rahajeng Mufida Dewi, 12101173052, Strategi Pemasaran Bunga 0% dalam Penjualan Telepon Seluler Secara Angsuran Ditinjau dari Etika Bisnis Islam(Studi Kasus Aplikasi Home Crdit di BRP Celluler Tulungagung), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, IAIN Tulungagung, 2020, Pembimbing: Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Bunga 0%, Etika Bisnis Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh BRP Celluler Tulungagung yang bekerjasama dengan Home Credit Indonesia yang melakukan strategi pemasaran dalam penjualan telepon seluler secara angsuran dengan bunga 0%. Pembelian telepon seluler secara angsuran dengan bunga 0% ini sangat diminati banyak masyarakat Tulungagung. Semua pelanggan BRP Tulungagung dapat melakukan pengajuan angsuran bunga 0% ini dengan memenuhi beberapa persyaratan, seperti adanya biaya administrasi di awal proses. Adanya biaya administrasi di awal Rp. 200.000 ini membuat beberapa pelanggan kecewa karena menganggap bahwa tidak ada lagi biaya selain biaya pokok. Tidak hanya biaya administrasi, terdapat juga biaya denda jika telat membayar disetiap bulannya. Rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran bunga 0% dalam penjualan telepon seluler secara angsuran dengan aplikasi home credit di BRP Celluler Tulungagung ? 2) Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam mengenai strategi pemasaran bunga 0% dalam penjualan telepon seluler secara angsuran dengan aplikasi home credit di BRP Celluler Tulungagung Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi pemasaran bunga 0% dalam penjualan telepon seluler secara angsuran yang dilakukan oleh BRP Celluler Tulungagung dengan home credit Indonesia yakni melakukan strategi produk, harga, dan promosi. Pembelian telepon seluler dengan bunga 0% ini benar dapat dirasakan jika disetiap bulannya tidak telat membayar. 2) Ditinjau dari etika bisnis Islam pada aspek produk sudah memenuhi prinsip etika bisnis Islam, pada aspek harga sudah sesuai prinsip etika bisnis Islam, namun pada aspek promosi tidak memenuhi prinsip etika bisnis Islam, karena pada prinsip kehendak bebas dan kebenaran tidak terpenuhi, akan tetapi pada aspek kesatuan, keseimbangan dan tanggungjawab sudah terpenuhi

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101173052 RAHAJENG MUFIDA DEWI
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:36
Last Modified: 15 Apr 2021 07:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18486

Actions (login required)

View Item View Item