PENGARUH METODE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA BLITAR

ISMA NUR HALIMAH, 17201163137 (2020) PENGARUH METODE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (906kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Isma Nur Halimah, 17201163137, Pengaruh Metode Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas VII MTsN 1 Kota Blitar, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, Pembimbing Anissatul Mufarokah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : Metode Gallery Walk, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode pembelajaran yang belum bervariasi, karena sebagian besar guru masih mengajar dengan menerapkan metode pembelajaran konvensional. Sehingga proses belajar mengajar di dalam kelas masih berpusat pada guru, dan hal tersebut mengakibatkan banyak peserta didik merasa kurang termotivasi, kurang semangat dan kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal tersebut membuat peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan metode gallery walk untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apakah ada pengaruh metode gallery walk terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Kota Blitar?, (2) Apakah ada pengaruh metode gallery walk terhadap hasil belajar afektif peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Kota Blitar?, (3) Apakah ada pengaruh metode gallery walk terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Kota Blitar?, (4) Apakah ada pengaruh metode gallery walk terhadap keseluruhan hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Kota Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh metode gallery walk terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Kota Blitar, (2) Untuk menjelaskan pengaruh metode gallery walk terhadap hasil belajar afektif peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Kota Blitar, (3) Untuk menjelaskan pengaruh metode gallery walk terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Kota Blitar, (4) Untuk menjelaskan pengaruh metode gallery walk terhadap keseluruhan hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Kota Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu tipe Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. Samplingnya menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di MTsN 1 Kota Blitar yang berjumlah 353 peserta didik. Sedangkan sampel yang diambil dari total populasi ada 54 peserta didik, yaitu 27 peserta didik dari kelas VII-A dan 27 Peserta didik dari kelas VII-C. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, angket, tes, dan unjuk kerja. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif, dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, yang meliputi: uji coba instrumen penelitian dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode gallery walk terhadap hasil belajar kognitif dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,011, karena nilai sig. (2-tailed) 0,011 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode gallery walk terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Kota Blitar. Sedangkan untuk besar pengaruhnya adalah sebesar 16,5%, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode gallery walk terhadap hasil belajar afektif dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, karena nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode gallery walk terhadap hasil belajar afektif peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Kota Blitar. Sedangkan untuk besar pengaruhnya adalah sebesar 21,1%, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode gallery walk terhadap hasil belajar psikomotorik dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,016, karena nilai sig. (2-tailed) 0,016 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode gallery walk terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Kota Blitar. Sedangkan untuk besar pengaruhnya adalah sebesar 14,3%,(4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode gallery walk terhadap kesuluruhan hasil belajar peserta didik dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, karena nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode gallery walk terhadap keseluruhan hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Kota Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163137 ISMA NUR HALIMAH
Date Deposited: 18 Feb 2021 04:07
Last Modified: 27 Apr 2021 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18741

Actions (login required)

View Item View Item