PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PLUS DARUS SALAM TAHUN AJARAN 2019/2020

BINTI INAYATUL CHASANAH, 17204163091 (2020) PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PLUS DARUS SALAM TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemahaman Konsep Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Plus Darus Salam Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Binti Inayatul Chasanah, NIM 17204163091, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Gaya Belajar, Visual, Auditori, Kinestetik. Pemahaman konsep merupakan kemampuan siswa dalam mengungkapkan kembali pengetahuan yang telah didapat, serta terampil menggunakannya dalam menghadapi permasalahan sehari-hari. Pemahaman konsep sangat diperlukan dalam suatu pembelajaran matematika karena dengan memahami konsep siswa dapat mengembangkan kemampuannya dalam setiap materi yang diajarkan. Namun dalam praktiknya kemampuan siswa dalam memahami suatu konsep masih rendah, mereka kurang mampu dalam mengaitkan konsep yang baru ia dapat dengan konsep yang telah mereka miliki. Hal ini dapat mengakibatkan siswa menjadi bingung ketika menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Salah satu faktor pendukung pemahaman siswa yaitu melalui proses belajarnya, dimana dalam belajar siswa mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Tujuan penelitian itu untuk mengetahui: (1) Pemahaman konsep siswa dengan gaya belajar visual pada materi SPLDV, (2) Pemahaman konsep siswa dengan gaya belajar auditori pada materi SPLDV, (3) Pemahaman konsep siswa dengan gaya belajar kinestetik pada materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian terletak di SMP Plus Darus Salam Kota Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara sehingga diperoleh 2 subjek dari masing-masing gaya belajar. Hasil tes dianalisis menggunakan indikator pemahaman konsep menurut Benyamin S. Bloom yaitu translation, interpretation, dan ekstrapolation. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh: (1) Pemahaman konsep siswa dengan gaya belajar visual memenuhi semua indikator pemahaman konsep yaitu translation, interpretation, dan ekstrapolation. (2) Pemahaman konsep siswa dengan gaya belajar auditori memenuhi semua indikator pemahaman konsep yaitu translation, interpretation, dan ekstrapolation. (3) Pemahaman konsep siswa dengan gaya belajar kinestetik memenuhi indikator pemahaman konsep translation dan interpretation.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Binti 17204163091 Inayah
Date Deposited: 19 Feb 2021 03:18
Last Modified: 26 Apr 2021 07:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18793

Actions (login required)

View Item View Item