SEPTILA INDAH NUR’AINI, 17203163033 (2020) STUDENTS’ PERCEPTION ON E-LEARNING MADRASAH USE AS AN ALTERNATIVE MEDIA FOR LEARNING ENGLISH IN ONLINE SYSTEM AT MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (907kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (136kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (292kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (777kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) | Preview |
Abstract
Nur’aini, Septila Indah. NIM 17203163033. 2020. Students’ Perception on E-learning Madrasah Use as an Alternative Media for Learning English in Online System at MAN 1 Trenggalek. Skripsi. Tadris Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Arina Shofiya, M.Pd. Kata Kunci: persepsi siswa, pembelajaran online, E-learning Madrasah Saat ini, pada situasi pandemi COVID-19, kesadaran terhadap teknologi dalam dunia pendidikan sangat perlu untuk ditingkatkan. Semua siswa merasakan dampak dari kodisi ini, termasuk para siswa MAN 1 Trenggalek. Mereka harus melaksanakan aktivitas pembelajaran melalui sistem online. Beberapa kelas online di MAN 1 Trenggalek menggunakan E-learning Madrasah dalam proses pembelajaran, khususnya Bahasa Inggris. E-learning Madrasah adalah salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran online. Pada website ini, siswa dapat melaksanakan seluruh aspek pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran online. Pada penelitian ini, peneliti ingin mencaritahu persepsi siswa terhadap penggunaan E-learning Madrasah di MAN 1 Trenggalek. Tujuannya sesuai demgan rumusan pertanyaan penelitian yang akan dibahas. Rumusan masalahnya adalah tentang apa saja perepsi siswa terhadap penggunaan E-learning Madrasah pada pembelaajaran Bahasa Inggris di MAN 1 Trenggalek? Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah desain penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah sebanyak 171 siswa kelas 11 dari dua kelas agama dan tiga kelas IPS Man 1 Trenggalek tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitiannya sebanyak 60 siswa dari kelas-kelas tersebut yang dipilih secara acak. Penelitian ini menyebarkan kuesioner tertutup sebagai instrument pengumpulan data. Analisis statistik deskriptif dengan meemukan niai rata-rata di SPSS digunakan untuk menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa merasa senang dan tertarik untuk menggunakan website E-learning Madrasah. Beberapa alasan diantaranya adalah: E-learning Madrasah membantu meningkatkan pengetahuan teknis siswa (71.7%), E-learning Madrasah juga fleksibel digunakan kapan saja dan dimana saja (78.4%), E-learning Madrasah memudahkan pembaruan materi terbaru (65%), E-learning Madrasah memudahkan siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir mereka (60%), dan E-learning Madrasah mengurangi biaya transportasi (63.3%). Tetapi, siswa juga merasakan beberapa rintangan saat menggunakan E-learning Madrasah. Masalah-masalahnya terkait dengan: kesulitan untuk berdiskusi online (43.3%), masalah akses karena sinyal lemah (73.3%), kesulitan memahami materi bahasa Inggris secara online (78.3%), dan kesulitan berkomunikasi dengan guru dan sesama teman (48.4%). Tetapi, beberapa masalah diatas harus bisa diatasi oleh para guru agar proses pembelajaran bisa menjadi lebih efektif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | S1 17203163033 Septila Indah Nur’aini |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 02:27 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 03:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18903 |
Actions (login required)
View Item |